Dibangun Menggunakan Dana Desa

Dibangun Menggunakan Dana Desa

  Senin, 22 April 2019 11:59
KAWAL KOTAK SUARA: Babinsa Koramil 1206-06/Putussibau dan Bhabinkamtibmas Putussibau Selatan berhasil mengawal dan mengamankan pengembalian kotak suara dari PPS Desa Bungan Jaya ke PPK Putussibau Selatan, kemarin (21/4).

Berita Terkait

Bupati Resmikan Pengoprasian Sumur Bor di Desa Beringin

NANGA SURUK – Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir meresmikan pengoperasian dua unit sumur bor di Desa Beringin, Kecamatan Bunut Hulu, kemarin. Menariknya, fasilitas yang digunakan untuk kepentingan masyarakat desa tersebut pembangunannya didanai menggunakan dana desa (DD) tahun anggaran 2018.

Dalam sambutannya Bupati sangat mengapresiasi Kepala Desa Beringin beserta jajaran aparatur pemerintahan desa setempat, karena bisa mengelola keuangan desa dengan baik. “Karena air ini merupakan kebutuhan dasar yang menjadi sumber kehidupan. Jadi, sekarang penyediaan air bersih sangat penting, baik untuk minum, mandi, mencuci, dan keperluan lainnya,” ujar Nasir.

Bupati mengimbau agar sarana serta prasarana air bersih yang sudah difungsikan tersebut, dipelihara dengan baik oleh masyarakat Desa Beringin. Dengan terpelihara secara baik, diharapkan dia, bisa digunakan secara berkelanjutan. “Maka untuk ke depannya, dalam perawatan dan kepengurusan pompa air, dibuatkan peraturan desanya, sehingga ada rasa tanggung jawab bersama dan terawat dengan baik. Karena ini juga untuk kebutuhan masyarakat itu sendiri,” tegas Nasir.

Dalam pembangunan sarana air bersih tersebut, tak dipungkiri Nasir, tentu harus melibatkan masyarakat. Sehingga, harapan dia, pembangunan sarana tersebut dapat berjalan dengan baik, sebagaimana yang diharapkan.

“Dengan ikutnya masyarakat berpartisipasi dalam membangun sumber air ini, maka dapat terlaksana dengan baik, sehingga kebutuhan air bersih warga juga terpenuhi secara merata,” tuturnya.

Dalam kunjungan kerjanya ke Bunut Hulu, Nasir menghadiri dua kegiatan sekaligus. Selain meresmikan pengoperasan sumur bor di Desa Beringin, juga menghadiri peringatan Hari Kartini bersama Pemerintah Kecamatan Bunut Hulu. Hadir dalam kesempatan tersebut Penjabat Sekda, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Hulu, dan Kepala Bank Kalbar Cabang Putussibau. Kedatangan Bupati disambut langsung Camat Bunut Hulu Asmiardy beserta unsur pimpinan kecamatan dan kepala desa se-Kecamatan Bunut Hulu.

Sementara itu, Kepala Desa Beringin, Herman, mengatakan, saat ini mereka baru membangun dua unit sumur bor untuk masyarakat. Dengan difungsikannya sumur bor tersebut, diharapkan dia, agar masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan sumber air bersih.

“Sekarang masyarakat kita di sini sudah bisa menikmati air bersih. Ini memang menjadi salah satu program kita. Diharapkan masyarakat juga bisa menggunakannya dengan baik, terutama dalam menjaga dan merawatnya,” pungkasnya. (arf)

Berita Terkait