Demi Pekan Melelahkan

Demi Pekan Melelahkan

  Sabtu, 10 September 2016 09:30

Berita Terkait

TURIN – Sassuolo boleh dibilang bumi dan langit jika dikomparasikan dengan Juventus. Dari sisi pengeluaran gaji saja, mereka berada di urutan ke-12 Serie A. Setiap tahun, Sassuolo menyediakan EUR 27 juta (Rp 399,14 miliar dengan kurs EUR 1= Rp 14.783). Jumlah ini belum seperempat dari Juve yang menghamburkan EUR 145 juta (Rp 2,14 triliun) untuk membayar gaji para bintangnya.

 
Pun demikian dengan jumlah trofi yang sudah dikoleksi kedua tim. Juventus adalah tim tersukses Italia dengan 32 scudetto. Adapun Neroverdi, sebutan Sassuolo, baru tiga musim terakhir mengecap kasta tertinggi sepak bola Italia setelah mendapat titel Serie B. Namun, pertemuan pertama mereka musim ini pada giornata di Juventus Stadium malam nanti kiranya tidak bisa diremehkan oleh Juventus.

Sebab, Sassuolo pernah memberikan ”bekas” bagi rival sekota Torino tersebut. Seperti musim lalu. Sassuolo mengandaskan Juve 0-1 di Mapei Stadium 28 Oktober 2015, sebelum akhrinya Juve bangkit dengan tak terkalahkan dalam 26 pertandingan untuk mengamankan scudetto kali kelima beruntun.

Apalagi, performa Sassuolo di bawah besutan allenatore Eusebio Di Francesco tengah on fire musim ini.

Mereka membukukan tiga kemenangan dan sekali seri, baik di Serie A maupun Europa League. Sebelum kemudian kemenangan terakhir, 2-1 atas Pescara (28/8), dianulir karena Sassuolo menurunkan pemain ilegal.

”Mereka (Sassuolo) adalah realitas sepak bola Italia,” kata Massimiliano Allegri dalam konferensi pers tadi malam (9/10) dilansir dari Football Italia. ”Pertemuan dua tim ini selalu ketat. Mereka memberikan kesulitan dalam beberapa tahun terakhir,” tuturnya.

Tiga poin ini, jelas Allegri, haruslah direbut oleh Gianluigi Buffon dkk. Disatu sisi, poin sempurna ini bisa membantu Si Nyonya Tua, sebutan Juve, merebut capolista dari Genoa.

Disisi lain, kemenangan bakal mendongkrak konfidensi Juve. Sebab, mereka bakal menghadapi September yang sangat melelahkan.

Dimulai dari menjamu Sevilla di partai perdana Grup H Liga Champions (15/9). Kemudian, mereka harus terbang ke Milan untuk melakoni Derby d'Italia versus Inter Milan (18/9). Empat hari kemudian, mereka bakal kembali ke Turin untuk melawan Cagliari (21/9).

Kemudian diakhir September, dalam waktu seminggu, mereka harus away ke kandang Palermo (24/9), dan markas Dinamo Zagreb di pekan kedua Liga Champions (27/9).

Karena itu, Allegri melanjutkan bahwa dia bakal melakukan rotasi komposisi pemain yang bisa membantunya dalam menghadapi agenda dengan masa recovery yang cukup pendek.

Yang pertama adalah sektor wing-back dimana Dani Alves dan Alex Sandro kemungkinan bakal disimpan. Allegri pun akan menurunkan bek gaek Stephan Lichtsteiner dan Patrice Evra. ”Anda tentu tidak bisa mempertahankan pemain yang sama selama tiga hari sekali,” tutur Allegri. ”Sebab, semua laga harus kami sikapi dengan intensitas tinggi. Jadi, semua punya kans untuk bermain,” lanjutnya.

Dari sektor gelandang, arsitek 49 tahun itu belum memutuskan apakah bakal menurunkan amunisi yang dipinjam dari Chelsea, Juan Cuadrado, ataukah mempertahankan Kwadwo Asamoah yang sejauh ini bermain cukup apik. ”Namun, dengan proses transfernya yang sudah selesai. Aku kira dia bakal bisa bermain,” paparnya.

Lalu di lini depan, pemain termahal keempat dunia dengan banderol EUR 90 juta (Rp 1,33 triliun), Gonzalo Higuain, untuk pertama kalinya bakal mendapat menit pertama.

Juventini pun bakal melihat duet yang selama ini diidamkan. Kolaborasi bomber Argentina dalam diri El Pipita, panggilan Higuain, dan Paulo ”La Joya” Dybala. ”Higuain memiliki kans yang bagus untuk menjadi starter,” ucap Allegri kembali.

Terpisah, Di Francesco tidak akan bisa menurunkan attaccante Domenico Berardi (cedera lutut) dan gelandang Stefano Sensi yang menderita hamstring.

”Namun, Simone Missiroli bakal turun sejak menit pertama,' ujar EDF, sapaan akrab Di Francesco, dikutip oleh Football Italia.

Di Francesco kembali berujar, laga terakhir melawan Pescara menimbulkan rasa pahit di dalam benaknya dan para pemain. ”Namun, aku tetap menghitung kami sudah meraih dua kemenangan. Jadi, kami sudah siap dengan laga ini,” ulasnya. (apu)

Berita Terkait