Deklarasikan Diri Tadak Kawen Mude

Deklarasikan Diri Tadak Kawen Mude

  Senin, 18 March 2019 09:13
DEKLARASI: Remaja GenRe Kalimantan Barat mendukung program pendewasaan usia perkawinan.

Berita Terkait

Puncak GenRe Ceria 2019 Diikuti Ratusan Remaja

PONTIANAK - Puncak acara GenRe Ceria 2019 yang dilaksanakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar di Halaman Museum, Minggu (17/3) dihadiri ratusan remaja. Dalam kegiatan tersebut, para remaja mendeklarasikan diri mendukung program pendewasaan usia perkawinan.

Puncak acara GenRe Ceria 2019 di Kalbar itu turut dihadiri pejabat BKKBN Pusat. Di antaranya Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), M Yani dan Direktur Bina Ketahanan Remaja, Eka Sulistia Ediningsih didampingi Kepala BKKBN Perwakilan Kalbar, Kusmana. Perwakilan pejabat Pemerintahan Provinsi Kalbar, Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya juga tak ketinggalan hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain deklarasi para remaja mendukung program pendewasaan usia perkawinan, puncak acara GenRe Ceria 2019 juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan lain. Ada Final Lomba Flasmob GenRe, penampilan finalis stand up comedy bertemakan ‘Tadak Kawen Mude’ dan Bincang-Bincang Bersama Deputi KSPK M Yani, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan serta perwakilan Gubernur Kalbar, Asisten III, Marlina.

Usai kegiatan tersebut, Deputi KSPK, M Yani mengatakan Forum Generasi Berencana (Genre) adalah sebuah kegiatan untuk menyampaikan pesan-pesan pada teman sebayanya. Ia sangat mengapresiasi Genre Ceria 2019 yang mengusung tema "Kawin Muda Sepok", karena sarat pesan positif. Pesan-pesan itu harus disampaikan sehingga para remaja Kalbar mampu merencanakan kehidupan mereka di tengah tantangan zaman yang semakin modern.

"Acara ini kita usung bersama anggota DPR RI khususnya Komisi IX. Tujuan utamanya untuk merangkul remaja sebanyak mungkin agar tergabung dalam Forum Genre, seperti Forum Anak Daerah, PIKR dan lainnya. Ada satu visi yang kita sampaikan bahwa mereka adalah agen perubahan dan akan membawa perubahan," ucapnya. Para remaja diharapkan dapat  membawa pesan dan nilai positif serta karakter yang dibutuhkan bagi bangsa ini. 

Di tempat sama, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan juga mengapresiasi kegiatan GenRe Ceria yang dinilai positif untuk perkembangan dan kemajuan karakter remaja Kalbar, khususnya Kabupaten Kubu Raya.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, saya berharap dalam upaya perwujudannya dapat keroyokan mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten dalam rangka mempersempit hal negatif di kalangan remaja," katanya. Ia berpesan kepada generasi saat ini agar menjadi generasi yang membawa manfaat bagi sekitar dan negara. 

"Kita harus usahakan para remaja dapat hidup seimbang antara perkembangan teknologi dan rasa memiliki atau kepekaan terhadap alam," ucap Muda Mahendrawan. Ia menekankan agar aktivitas seperti ini dapat terus dikembangkan dan dilaksanakan di alam-alam terbuka demi memupuk rasa memiliki dan kepekaan remaja terhadap alam. 

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana menambahkan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. "Tahun ini temanya Kawen Mude Sepok. Ini merupakan jargon dari Gubernur Kalbar saat pencanangannya menjadi Ayah Bunda GenRe dulu," ungkapnya.

Kegiatan GenRe Ceria diinisiasi oleh Direktur Bina Ketahanan Remaja, dan dilaksanakan di seluruh Indonesia. "Di Kalbar, sebelum acara puncaknya di sini, terlebih dulu dilaksanakan beberapa rangkaian acara seperti lomba stand up comedy, lomba gerak jalan dan flash mob. Mudah-mudahan dari semua kegiatan ini bisa membawa energi positif pada remaja dan semua masyarakat Kalbar," tutupnya.(iza) 

Berita Terkait