Cuaca Tak Menentu, Ikan Sulit Masuk

Cuaca Tak Menentu, Ikan Sulit Masuk

  Kamis, 2 Agustus 2018 15:00

Berita Terkait

PONTIANAK – Cuaca yang tak menentu belakangan ini membuat para nelayan sulit untuk melaut. Dampaknya hasil tangkapan nelayan berkurang dan sedikitnya ikan yang masuk di pasar. Seperti terpantau, Rabu (1/8) kemarin. 

Salah satunya yang merasakan faktor cuaca adalah pedagang di pasar Flamboyan. Faisal, salah satu pedagang ikan di pasar ini mengatakan, belakangan ini ikan sulit didapat. Faktor cuaca disebutkannya, tidak bisa ditebak. “Untuk hari ini saja sangat sedikit ikan yang masuk. Ini pun ada, kebanyakan ikan beku yang sudah dimasukkan kedalam es,” ujarnya. 

Biasanya, lanjut dia, sampai tak berjualan jika tidak ada ikan yang masuk dan stok habis. Ia berharap ikan akan terus ada setiap harinya agar para pedagang masih bisa jualan. “Pernah saat ikan tidak ada, kami tidak bisa jualan. Karena nelayan yang tidak bisa melaut karena faktor cuaca”,ujarnya. 

Meski begitu, saat ini harga ikan di pasar Flamboyan masih normal, karena stok masih ada. Namun tak menutup kemungkinan naik jika kondisi seperti ini terus menerus terjadi. 

“Jika memang kondisi ini terus berlanjut, maka kami sebagai pedagang mau tidak mau harus menaikkan harga perkilo nya. Misalnya ikan tongkol saat ini 40 ribu rupiah, bisa jadi 45 atau 48 ribu perkilo,” ujarnya. 

Nurhayati pembeli ikan yang berada di pasar Flamboyan, mengatakan, jika ia membeli ikan untuk berjualan lagi di dekat rumahnya. Ia mengatakan jika saat ikan tidak ada di pasar maka ia sulit untuk berjualan. “Pernah saya tidak menjual ikan karena stok menipis di pasar. Jadi saya cuma jualan sayur atau semacamnya,” ujarnya. 

Ia mengatakan jika ikan yang sudah beku dikasi Es akan berbeda kualitasnya dengan yang masih segar. Kenaikan harga di pasar juga mempengaruhi jualan yang dijalankannya. “Biasanya orang bertanya kenapa harganya berbeda seperti ini. Saya sebagai penjual ya mau gimana lagi,” ungkapnya.  (var)

Berita Terkait