Coffe Truck: Kopi Asyik dengan VW Combi

Coffe Truck: Kopi Asyik dengan VW Combi

  Jumat, 23 September 2016 09:26

Berita Terkait

Uray Muhammad Ali Sy

Owner VW Coffee

Tren menjajakan makanan lewat mobil alias food truck memang sedang digandrungi. Meski telah hadir sejak akhir tahun 2013 lalu, khususnya di beberapa kota besar di Indonesia. Tetap aja konsep food truck ini mencuri perhatian, istilahnya nih guys nggak ada matinya. Melihat perkembangan bisnis kuliner food truck yang cukup menjanjikan membuat Uray Muhammad Ali Sy pun tertarik. Dengan konsep yang sedikit berbeda, doi pun mampu menciptakan nuansa menikmati minuman dan tempat kumpul yang berbeda dari kebanyakan yang sudah hadir.

By : Ghea Lidyaza Safitri

Meski baru merintis selama kurang lebih selama 11 bulan, usaha coffee truck yang dijalani Uray ini terbilang cukup menjanjikan. Awalnya doi sempat bekerja menjadi salah satu karyawan swasta. Tapi ketertarikannya akan mobil VW Combi dan passionnya untuk memiliki usaha, membuatnya berpikir bagaimana caranya memanfaatkan mobil idamannya ini bukan hanya sebagai kendaraan, melainkan lahan untuk menghasilkan pendapatan. Inspirasi pun kemudian ia dapatkan saat melihat salah satu acara televisi swasta yang menayangkan tentang konsep food truck. “Jadi waktu itu setelah uang terkumpul dan aku bisa membeli VW Combi, aku nggak sengaja melihat liputan di salah satu televisi tentang food truck di salah satu daerah. Dari situ aku terinspirasi untuk menjadikan VW Combiku sebagai wadah untuk berwirausaha,” ujarnya.

Melihat maraknya warung kopi serta tempat nongkrong anak muda dengan memanfaatkan halaman, membuat Uray pun lebih sreg untuk menjajakan usahanya dengan konsep Coffee Truck. Memang terlihat sedikit berbeda sih, guys. But, konsep yang ditawarkan cukup unik lho, dimana hampir keseluruhan dalam meracik minuman dilakukan di dalam mobil VW Combinya. Uray memang sengaja membuat kitchen set di dalam mobil kesayangannya ini.

Kini coffee truck miliknya yang terletak di Jalan Karimata ini pun kerap dijadikan tempat nongkrong anak muda, baik sekedar merasakan cita rasa minumannya, maupun ngumpul bersama. Apalagi Uray juga menawarkan live musik, kebayang donk asyiknya nongkrong sembari mendengarkan live music. Apalagi tempatnya yang strategis di tepi jalan, membuat suasana coffee truck ini terlihat begitu mengasyikkan.

Dari sekian banyak minuman yang dijajakan nih guys, ada salah satun yang sering mencuri hati penikmatnya, yakni Tornado Cino, atau Cappucino Shake. “Menurut beberapa pelanggan cappucino disini lebih smooth dan fresh, karena nyatu juga sama susunya. Jadi lebih terasa,” cuap cowok berusia 24 tahun ini. Oh, ya harga minuman yang ditawarkan juga pas banget di kantong anak muda, yakni dari Rp 4.000 hingga yang paling mahal Rp 10.000. Murah dan pas banget kan dijadikan sebagai tempat referensi nongkrong kalian.

Membahas bentuk truck-nya sendiri, Uray memang sengaja mencari yang model vintage classic. Secara doi juga amat menyukai hal yang berbau vintage, terutama jika ada aksen-aksen classic. Sejauh menjalani usaha, hambatan yang biasa dihadapi Uray lebih pada kerepotan saat pengunjung ramai berdatangan. “Repot juga sih soalnya kitchen-nya nggak terlalu besar, jadi agak nggak terlalu leluasa. Janga heran ya jika orderannya sedikit agak lama,” sahut cowok yang ngendon di Kota Baru ini. Kedepannya, Uray berharap usahanya bisa berjalan dengan baik dan berkembang. Doi pun berencana untuk membuka satu lahan yang di dalamnya terdapat berbagai macam truck, baik untuk menjual makanan maupun minuman.

Nah, buat sobat Z yang mungkin ingin terjun di usaha ini, jangan takut atau pantang menyerah. Istilah buda’ Pontianak sih ‘lajakkan sekali’. Buatlah konsep yang unik dan menarik agar berbeda dari yang udah ada. Karena yang namanya usaha pasti ada up and down, so tetap stay cool. “Kalau udah merasa jenuh, cobalah untuk refreshing sesaat. Itu bakalan membantu kita untuk semangat lagi di hari berikutnya,” tutupnya. Last, buat sobat Z yang penasaran mau mencicipi minuman serta merasakan nuansa nongkrong berbeda, bisa langsung datang ke VW Coffee Jalan Karimata. (ghe)

Berita Terkait