Citra - Effendi Ditetapkan Sebagai Bupati

Citra - Effendi Ditetapkan Sebagai Bupati

  Jumat, 27 July 2018 10:20
PLENO : Penyerahan dan penandatanganan penetapan hasil rapat pleno terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati kepada H.Effendi Ahmad. DANANG PRASETYO / PONTIANAK POST.

Berita Terkait

Effendi: Lanjutkan Program Pendidikan dan Kesehatan Gratis 

SUKADANA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara terpilih periode 2018-2023 di Hotel, Mahkota Kayong Sukadana, Kamis (26/7).  Penetapan tersebut dipimpin langsung  Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kayong Utara Rudi Handoko. Sedangkan untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati yang telah ditetapkan ialah Citra Duani dan H. Effendi Ahmad. 

Ketua KPU Kayong Utara Rudi Handoko mengatakan ini merupakan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yang nantinya akan dilanjutkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.   Dirinya menilai untuk persentase pemilihan masyarakat terdapat 75,6 persen.  Ini tentu dapat membawakan hasil yang baik.  Selain itu, pada rapat pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini dengan tidak hadirnya Bupati terpilih ini tidak menjadi masalah.  Karena kata dia, sudah diwakili oleh Wakil Bupati terpilih.  

"Selanjutnya semua berkas calon terpilih ini akan diserahkan ke DPRD Kayong Utara, untuk pengamatan calon terpilih ini, misalanya BA terpilih, SK terpilih sama rekapitulasi hasil pemungutan suara akan disampaikan ke DPRD,"tambahnya.  

Selain itu dari KPU Kayong Utara akan melakukan evaluasi dan menuggu pelaporan. Ini semua juga sudah ada di DPRD.  "DPRD nanti akan melakukan rapat paripurna istimewa. Selanjutnya akan mengusulkan pelantikan atau pengamatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini melalui gubernur,"sambungnya. 

Sementara Wakil Bupati terpilih periode 2018-2023 H. Effendi Ahmad  mengatakan pihaknya akan melakukan sinkronisasi rencana pembangunan. Kemudian akan melakukan persiapan pelantikan.  Setelah dilantik sambung dia , dirinya bersama Bupati terpilih akan melakukan langkah awal pembahasan APBD 2019. Karena tanggal 20 September merupakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati.  

"Kita dilantik Insya Allah tanggal 20 September dan pengesahan APBD itu diakhir November.  Maka kita akan melakukan koordinasi kepada DPRD Kayong Utara terkait pembahasan tersebut,"terangnya.  

Sementara dirinya mengatakan untuk salah satu program pendidikan dan kesehatan gratis akan dilanjutkan kembali.  Karena itu menurut dia sudah menjadi kewajibannya.  Kalau untuk kewenangan SMA/MA yang telah beralih ke Provinsi maka nanti akan dilakukan koordinasi bersama.  

"Kabupaten nanti akan menitipkan uang kepada pemerintah Provinsi selanjutnya pemerintah provinsi akan menttsferkan kepada sekolah SMA/MA yang ada di Kayong Utara,"sambungnya.  

Namun sambung dia, jika dengan telah dilantiknya  Gubernur dan Wakil Gubernur yang memiliki visi dan misi maupun program kerja yang sama, tentu akan memudahkan menerapkan program pendidikan gratis di Kayong Utara ini.  

"Kami sudah berkeliling juga. Selain pendidikan masyarakat juga mengaharapkan air bersih, infrastruktur jalan juga menjadi sorotan.  Untuk itu kita juga akan melakukan meping mengenai peningkatan perekonomian masyarakat. Mudah-mudahan selama lima tahun  kepemimpinan Citra Duani dan Effendi Ahamd semua dapat teratasi,"sambungnya lagi. (dan)

Berita Terkait