Chengdu Sukses Biakkan Panda

Chengdu Sukses Biakkan Panda

  Sabtu, 1 Oktober 2016 09:48
EH, JATUH: Bayi panda terjungkal dari meja saat ia dan 22 bayi panda lain dipamerkan di Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok.

CHENGDU – Membiakkan panda gampang-gampang susah. Namun, Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding menuai keberhasilan yang signifikan. Sepanjang tahun ini, ada 23 anak panda yang dilahirkan di tempat tersebut. Panda-panda mungil itu dipamerkan kepada pengunjung, Kamis (29/9).

 
Direktur Penangkaran  Zhang Guiquan mengungkapkan bahwa tahun ini ada 26 panda betina yang telah dipilih untuk dibuahi. Sebanyak 15 di antaranya dibuahi panda jantan yang sama. ’’Panda jantan di penangkaran yang bisa kawin secara alami sangat jarang. Jumlahnya tidak sampai 5 persen dari seluruh populasi. Jadi, panda betina tidak punya banyak pilihan,’’ ujar Zhang.
Keberhasilan pembiakan itu merupakan prestasi tersendiri bagi fasilitas penangkaran tersebut. Sebab, sulit membiakkan panda di dalam penangkaran. Namun, Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding, tampaknya, sudah cukup ahli untuk menyiasati para panda yang ogah berhubungan badan tersebut.
Sebagai contoh, awal tahun ini petugas harus membujuk dua ekor panda. Yang betina bernama Su Shan dan si jantan bernama Yang Yang. Petugas merayu mereka agar mau kawin dengan teknik yang cukup aneh.
Awalnya untuk membentuk mood, petugas memutar suara Yang Yang yang sudah direkam di kandang milik Su Shan. Baru kemudian, dua panda tersebut dipertemukan dalam satu ruangan. Karena tidak kunjung kawin, petugas akhirnya mendorong dua panda tersebut dengan tongkat yang ujungnya diberi apel. Baru setelah itu, dua panda tersebut kawin. (Telegraph/sha/c7/any)