Cek Kesehatan Petugas Pemilu

Cek Kesehatan Petugas Pemilu

  Kamis, 25 April 2019 09:17
PERIKSA: Petugas Kesehatan Puskesmas Mandor saat memeriksa petugas di sela-sela rapat pleno perhitungan surat suara, Rabu (24/4) lalu. ISTIMEWA

Berita Terkait

NGABANG/SANGGAU – Dinas Kesehatan Kabupaten Landak menurunkan tim khusus untuk mengecek kondisi kesehatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sementara melaksanakan pleno hasil perhitungan suara Pemilu 2019 di 13 kecamatan.

Bukan hanya PPK, namun tim Kesehatan juga mengecek kesehatan para saksi-saksi Parpol dan anggota Kepolisian serta TNI yang melakukan penjagaan. Pemeriksaan dilakukan oleh tim kesehatan dari masing-masing Puskesmas di tiap kecamatan di Landak.

Pemeriksaan kesehatan terhadap anggota dilakukan oleh Tim Kesehatan Kuala Behe dikarenakan pengamanan ini berlangsung sejak pergeseran Logistik Pemilu 2019 tanggal 15 April lalu sampai rekapitulasi surat suara tingkat PPK. Tak hanya diperiksa kondisi tubuhnya, para abdi negara ini pun diberikan vitamin, agar kondisi mereka tetap prima selama menjalankan tugas Pengamanan Pleno di Kantor PPK Kecamatan Kuala Behe, Rabu (24/4).

Tim kesehatan Kuala Behe Rita, menuturkan pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan tensi darah serta pemberian vitamin, kepada petugas pengamanan Pleno yang sedang berlangsung di PPK Kantor Camat. “Jika saat diperiksa petugas terindikasi kelelahan maka diminta untuk istirahat dan diusahankan bisa digantikan dengan petugas lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Puskesmas Mandor memberikan Pelayanan Pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada siapa saja yang akan memeriksa kesehatannya di lokasi areal gedung UDKP Kecamatan Mandor yang sedang melaksanakan Rapat Peleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara ditingkat Kecamatan Mandor Pemilihan umum tahun 2019.

Personil Kepolisian Sektor Mandor Brigadir Polisi Kepala Yakob,  menyampaikan dirinya juga melakukan Pemeriksaan kesehatan. “Untuk mengetahui kondisi kesehatannya jangan sampai karena kelelahan mengalami drop,” katanya. 

Agenda Padat Paska Pemilu 

Hal yang sama juga dilakukan di kota Sanggau. Personil kepolisian di resor Sanggau yang masih tetap melakukan tugas pengamanan diperiksa kesehatannya agar tetap bisa menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di masyarakat paska pemilu sampai nanti diumumkannya hasil perhitungan suara nasional. 

Selasa (23/4) kemarin, Dokes Polres Sanggau secara tertib melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap anggota Polres Sanggau termasuk unsur pimpinan seperti Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi. 

Satu persatu para anggota melakukan tensi. Mereka diberikan vitamin dan obat bagi mereka yang mengeluhkan sakit dan sebagainya. Upaya yang dilakukan selain memberikan obat juga mengontrol secara rutin perkembangan kesehatan anggota.

Ipda Narsin selaku perwira di Dokkes Polres Sanggau menyampaikan kebanyakan dari hasil pemeriksaan tensi turun rata-rata seratus per tujuh puluh dan seratus per sembilan puluh. Kondisi ini wajar karena kegiatan yang begitu padat sehingga jam istirahat yang kurang. AKBP Imam Riyadi yang ikut memeriksakan kesehatannya menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan adalah upaya menjaga kesehatan agar kesehatan dan kondisi fisik tetap terjaga dan prima dalam menjalankan tugas. (mif/sgg)

Berita Terkait