Cek Kelayakan Kendaraan Umum

Cek Kelayakan Kendaraan Umum

  Kamis, 30 May 2019 10:03
CEK KESEHATAN: Tak hanya mengecek kelayakan kendaraan, para supir truk juga ikut memastikan kondisi kesehatan sebelum perjalanan dalam Ram Check Dishub Landak di Terminal Ngabang, Rabu (29/5) lalu. ISTIMEWA

Berita Terkait

NGABANG – Menjelang masa mudik dan libur Lebaran 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Landak melakukan kegiatan Ram check kendaraan angkutan umum dan angkutan barang di Terminal Bus Ngabang, Rabu (29/5) pagi.

Kegiatan ini juga melibatkan beberapa unsur tim gabungan mulai dari Sat Lantas Polres Landak, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Jasa Raharja, dan Samsat Ngabang. Setiap Kendaraan umum, seperti bus, truk, mobil box hingga pikap yang melewati Terminal pagi itu diperiksa petugas.

Tiap kendaraan mendapatkan pemeriksaan administrasi. Di antaranya kelengkapan surat-surat kendaraan, kemudian memiliki kartu uji secara berkala dan adanya buku pengawasan. Selain itu, petugas juga melakukan pengecekan teknis meliputi, mesin kendaraan dan fasilitas penunjang seperti sistem penerangan lampu utama, lalu pengereman dan lebar badan kendaraan. Selanjutnya, menjadi perhatian juga teknis kecepatan dengan sepedometer termasuk lampu-lampu samping.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Landak, Ependi mengungkapkan bahwa kegiatan Ram Check ini dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan angkutan umum dan barang yang digunakan oleh pemudik menjelang Idul Fitri ini. Kendaraan yang akan beroperasi pada saat libur lebaran atau digunakan mengangkut pemudik diharuskan telah lulus uji kelayakan baik teknis maupun administrasi

“Hari ini kita melakukan kegiatan Ram check untuk kendaraan angkutan umum dan angkutan barang, ini sudah merupakan instruksi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia jadi setiap menghadapi jelang hari raya diwajibkan untuk melakukan Ram check terhadap kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang,” jelas Ependi.

Kegiatan ini melibatkan beberapa unsur tim gabungan mengingat pengecekan yang dilakukan adalah mulai dari kesehatan pengemudi, surat kendaraan, hingga kondisi kendaraan bersangkutan.

“Kita melibatkan beberapa unsur mulai dari Sat Lantas Polres Landak, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, dan Samsat Ngabang,” ujar Ependi.

Ependi berharap dengan pengecekan yang dilakukan kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang bisa lebih aman dan keselamatan penumpang bisa terjamin.

“Yang jelas harapan kita angkutan lebaran tahun ini bisa lebih aman, artinya tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan, karena kesiapan kendaraan ini yang perlu kita cek agar aman dan lancar sehingga keselamatan penumpang bisa terjamin,” tutup Ependi. (mif)

Berita Terkait