Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Cegah Penyalahgunaan Narkoba

  Senin, 16 April 2018 11:00
TES URIN: Sejumlah Personel Kodam XII Tanjungpura menjalani tes urin sebagai upaya mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba

Berita Terkait

SUNGAI RAYA – Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII Tanjungpura, Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti menginstruksikan semua personel Pendam XII Tanjungpura mengikuti tes urin secara acak. Tujuannya untuk mengantisipasi dan menghindari adanya personel Pendam XII Tanjungpura terlibat penyalahgunaan narkoba. 

“Perang terhadap narkoba ini akan terus kami gencarkan, makanya hingga ke internal personel Pendam XII Tanjungpura juga kami lakukan antisipasi sejak awal, salah satu caranya dengan melakukan tes urin secara acak ini,” kata Tri Rana Subekti di Kantor Penerangan Daerah Militer XII Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang No. 1, Kubu Raya. 

Dalam pengarahannya, Tri menyampaikan Penerangan Kodam XII Tanjungpura akan melakukan tes urin setiap triwulan dan berharap dengan adanya pemeriksaan atau tes yang akan dilakukan seluruh anggota Pendam XII Tanjungpura tidak ada yang menggunakan Narkoba.

Tes urin tersebut lanjutnya untuk mencegah dan menanggulangi penyalahgunaan Narkoba di Penerangan Kodam XII Tanjungpura dan mencegah dari potensi masuknya pihak lain mengedar atau pengguna untuk mempengaruhi atau menggunakan Narkoba. Juga, menciptakan kondisi satuan Penerangan Kodam XII Tanjungpura bebas dari Narkoba.

 “Tes urine ini, untuk mencegah dari penyalahgunaan Narkoba, dan menciptakan kondisi satuan Penerangan Kodam XII Tanjungpura bebas dari Narkoba. Juga melaksanakan Program Kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Namun, untuk waktu dirahasiakan,” ujarnya. 

Tidak hanya para personelnya, dalam tes urin yang dilakukan secara acak tersebut, Tri Rana Subekti pun mengaku harus turut mengikuti tes urine. 

“Alhamdulillah, hasil tes urine terhadap tujuh anggota Pendam XII/Tanjungpura dan termasuk saya sendiri dinyatakan oleh tim pemeriksa, tidak didapatkan yang terindikasi pengguna Narkotika maupun obat-obatan terlarang lainnya,” ungkapnya. (ash) 

Berita Terkait