Cegah Bullying, Orang Tua Dituntut Latih Kecerdasan Emosional Anak

Cegah Bullying, Orang Tua Dituntut Latih Kecerdasan Emosional Anak

  Sabtu, 13 April 2019 17:09
Orang tua harus mampu mendidik anaknya kecerdasan emosional. Sebab, perilaku buruk anak ternyata bersumber juga dari keluarga. (Hello Magazine)

Berita Terkait

Kepribadian seseorang akan terbentuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Mulai dari lingkungan rumah, sekolah, hingga bekerja.

Tetapi, rumah merupakan tempat yang paling penting untuk membentuk kepribadian seorang anak. Menurut psikolog, pelaku bullying biasanya memiliki latar belakang yang kurang baik di rumah atau keluarganya.

Beberapa faktor yang membentuk anak jadi pelaku bullying, antara lain tidak mendapat perhatian lebih dari orang tua, sikap orang tua yang keras, adanya kekerasan dalam rumah tangga, atau tidak pernah dikenalkan dengan didikan yang bersifat kecerdasan emosional.

“Ada ketidakpuasan di rumah, yang mungkin juga di rumah dia tidak dianggap, orang tuanya keras, atau anak dibandingkan dengan saudaranya. Ketika di sekolah mencoba untuk punya power seperti itu, ada isu psikologis di dalam yang kemudian ia kompensasikan di luar,” kata Liza Marielly Djaprie, Psikolog Klinis & Hipnoterapis, ketika dihubungi oleh JawaPos.com, belum lama ini.

Menurut Liza, kecerdasan emosional sangat penting diperkenalkan agar anak belajar empati, melatih diri untuk tidak bersikap impulsif, punya tanggung jawab terhadap lingkungan sosial, dan mampu membedakan mana yang benar-salah atau baik-buruk.

Selain itu, lanjut Liza, mampu dorong anak untuk berdamai dengan dirinya dan menerima orang lain apa adanya.

Psikolog anak, remaja, dan pendidikan Hanlie Muliani menambahkan, anak juga harus dilatih dan dibiasakan ikut senang atas kesuksesan orang lain.

“Bantu anak untuk gembira atas keberhasilan orang lain. Sebab, sering kali melihat kesuksesan orang malah jadi iri hati, malah nggak suka,” kata Hanlie Muliani.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Inriyani Sembiring

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Berita Terkait