Canangkan Wisata Sungai dan Religi

Canangkan Wisata Sungai dan Religi

  Sabtu, 5 December 2015 10:02
SURVEY: Muspika dan Pokdarwis saat akan melakukan survey menyusuri aliran sungai dilingkungan masyarakat Kecamatan Sungai Pinyuh.

SUNGAI PINYUH- Pemerintah Kecamatan Sungai Pinyuh bekerjasama dengan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) sedang merancang program wisata sungai didaerah itu. Jika program ini dapat terwujud, diyakini akan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi masyarakat.

Sebagai persiapannya, Jumat (4/12) pagi, Camat Sungai Pinyuh, Pokdarwis dan Muspika melakukan survey diwilayah aliran sungai dilingkungan Pasar Sungai Pinyuh. Rombongan mulai menyusuri aliran sungai dari jembatan pasar sungai pinyuh menuju ke muara sungai.

“Wacana pembangunan wisata sungai ini kita sinergikan dengan program Pak Camat yang ingin melakukan penataan dan membersihkan sungai dari sampah-sampah. Nah, melihat lokasi sungai  yang sangat strategis maka kami berfikir sangat tepat jika kita bangun wisata air,” terang Ketua Pokdarwis Sungai Pinyuh, Edy Sugito disela-sela tinjauannya.

Langkah awal, sambung Edy yang juga Tokoh Masyarakat Tionghoa Sungai Pinyuh itu, Pokdarwis beserta jajaran Muspika menyempatkan diri melakukan suvery lokasi sungai. Dari survey tersebut, pihaknya akan mencanangkan kegiatan-kegiatan untuk mencapai program awal pembangunan wisata sungai.

“Mungkin akan lebih baik jika dipinggir sungai dibangun barau. Sehingga, sampah dan rumput-rumput tidak langsung masuk ke sungai. Serta lebih memudahkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dan lingkungannya,” pendapat Edy yang juga mantan Anggota DPRD Mempawah itu.

Lebih jauh, Edy mencanangkan konsep wisata sungai yang akan direalisasikan nantinya dipadukan dengan wisata religi. Sehingga, masyarakat pengunjung tidak hanya menikmati keindahan dan kesegaran panorama sungai, melainkan juga dapat mempelajari nilai-nilai agama yang ada diwilayah Kecamatan Sungai Pinyuh.

“Nah, dipinggiran sungai ini ada beberapa tempat religi seperti klenteng dan lainnya. Kita akan coba memadukan antara wisata air dan religi agar lebih menarik untuk dikunjungi. Kedepan, konsepnya akan kita bahas lebih lanjut dengan Pemerintah Kecamatan Sungai Pinyuh,” tukasnya.

Sementara itu, Camat Sungai Pinyuh, Syamsul Rizal menyambut baik gagasan sekaligus dukungan dari Pokdarwis dan Muspika terhadap programnya mewujudkan kebersihan sungai. Syamsul Rizal mengaku pihaknya sangat mendukung agar pembangunan wisata sungai itu dapat segera terwujud.

“Kita melakukan suvery ini untuk memetakan lokasi aliran sungai. Untuk desain dan programnya sendiri sudah ada, tinggal nanti kita matangkan dengan berkoordinasi bersama pihak terkait lainnya. Kedepan, kita akan melibatkan pramuka, peduli mangrove dan element lainnya,” ungkap dia.(wah)