Canangkan Syarat Sertifikat Khatam Quran; Target Wisuda Penghafal Quran Tiap Tahun

Canangkan Syarat Sertifikat Khatam Quran; Target Wisuda Penghafal Quran Tiap Tahun

  Minggu, 12 May 2019 16:30

Berita Terkait

PONTIANAK-Sebagai perwujudan membangun Kota Pontianak yang religius berbasis Al Qur'an, maka Wali Kota Pontianak bakal mencanangkan kebijakan syarat sertifikat khatam Al Qur'an pada pelajar muslim yang akan masuk ke sekolah negeri. Saat ini wacana tersebut dalam tahap sosialisasi.

Hal tersebut Edi katakan saat menghadiri Safari Ramadan yang digelar Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Kalimantan Barat di Masjid Raya Mujahidin, Minggu kemarin.

"Kedepan kita wajibkan siswa masuk sekolah negeri mempunyai sertifikat khatam Quran. Saat ini masih tahap sosialisasi. Jika sudah selesai, maka ini akan jadi prasyarat masuk kejenjang lebih tinggi," katanya.

Wali Kota bakal memudahkan masuk pendidikan sekolah negeri, utamanya bagi hafiz dan hafizah. Bagi mereka akan ada prioritas di mana prosedur tes tak berbelit.

Demi mewujudkan Kota Pontianak bernuansa religi, dirinya begitu mendukung kegiatan-kegiatan yang beraroma penyebar luasan Al Qur'an. Salah satunya melalui kegiatan ini, di mana para penghafal Al Qur'an dihadirkan.

Dalam upayanya tersebut, Pemkot Pontianak kata Edi saat ini sudah melakukan kegiatan khataman Quran bagi pelajar SD dan SMP setiap tahunnya dengan capaian pesertanya belasan ribu di seluruh sekolah Kota Pontianak.

Target ke depan, Edi ingin membuat kegiatan wisuda bagi penghafal Al Quran dengan peserta mencapai 100 orang.

Untuk menuju ke sana, Edi sadar tak bisa hanya dilakukan Pemkot Pontianak saja. Oleh karenanya ia mengajak lembaga dan pesantren penghasil penghafal Al Qur'an untuk melakukan kerjasama. Oleh karenanya bila mereka butuh dukungan jangan sungkan untuk ajukan proposal ke Pemkot Pontianak.

Sebagai informasi dalam kegiatan tersebut juga dilakulan aksis galang dana buat warga Palestina yang saat ini tengah terkena musibah.(iza)

Berita Terkait