Butuh Internet Desa

Butuh Internet Desa

  Sabtu, 5 January 2019 09:04
ILUSTRASI

Berita Terkait

SUNGAI RAYA – Kepala Desa Sungai Kerawang, Antonia menginginkan secara bertahap Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bisa memfasilitasi penyediaan internet desa di Desa Sungai Kerawang. “Hadirnya internet desa secara tak langsung bisa mempermudah masyarakat termasuk aparatur pemerintah desa dalam menyebarkan informasi terutama yang berkaitan dengan potensi yang dimiliki setiap desa,” kata Antonia, kepada Pontianak Post, Jumat (3/1). 

Kendati belum memiliki fasilitas internet desa, namun jauh hari Antonia mengaku telah merancang, jika suatu saat ada fasilitas internet di Desa Sungai Kerawang, maka selain digunakan untuk memudahkan kerja pemerintah desa, fasliitas internet juga akan digunakan untuk mempromosikan beragam potensi daerah. 

“Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan potensi daerah misalnya dengan merangkul kelompok tani, PKK, organisasi kepemudaan dan sejenisnya untuk memberikan beragam informasi tentang permasalahan termasuk perkembangan setiap potensi desa melalui fasilitas internet ke masyarakat luas,” jelasnya. 

Fasilitas internet desa lanjutnya secara tak langsung juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mempromosikan beragam hasil produk usaha mikro kecil menengah. 

Dengan kian mudahnya akses menyebarluaskan informasi dan potensi yang dimiliki setiap desa, maka secara tidak langsung kata Antonia akan memudahkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk mendorong potensi yang dimiliki setiap desa. “Dan tentunya kalau  sudah ada fasilitas internet desa, maka dalam mencari informasi itu sangat mudah,” jelasnya. 

“Penyediaan internet desa saya nilai penting, terutama untuk menunjang pekerjaan aparatur pemerintah desa, dalam melakukan pelaporan termasuk penginputan data dan sejenisnya,” ujarnya. 

Dengan terkoneksinya setiap desa dengan internet maka setiap desa akan mendapatkan akses informasi dan pengetahuan terkini. Masyarakat akan mendapat kemudahan akses untuk menggunakan dan memperoleh informasi. (ash)

Berita Terkait