Bush Dimakamkan di Samping Istri dan Anak

Bush Dimakamkan di Samping Istri dan Anak

  Minggu, 2 December 2018 08:30
KENANGAN: Mantan Presiden AS George Bush berbicara dengan istrinya, Barbara, saat merayakan pesta kemenangan putra mereka, Jeb Bush, sebagai Gubernur Florida, di di Miami 5 November 2002. REUTERS/GARY HERSHORN/FILE PHOTO

Berita Terkait

George H.W Bush Berpulang

WASHINGTON – ''Salah satu alasan saya membuat keputusan penting dalam hidup saya untuk menikahi George Bush adalah karena dia membuat saya tertawa.'' Kalimat itu dilontarkan oleh mendiang Barbara Bush ketika ditanya tentang alasannya menikahi sang suami, George H.W. Bush. Siapapun yang kenal dekat dengan Mantan Presiden ke-41 AS itu pasti sependapat dengan Barbara, dia selalu bisa membuat tertawa orang-orang di sekitarnya.  

Lelucon pria yang dijuluki Bush Senior itu tak akan lagi terdengar. Jumat (30/11) pukul 22.10 Bush menutup mata untuk selamanya. Dia meninggal di rumahnya yang terletak di Houston, Texas pada usia 94 tahun.  Dia menjadi mantan presiden AS pertama yang hidup hingga usia tersebut. Kematiannya hanya berselang 7 bulan dari sang istri, Barbara yang tutup usia pada 17 April lalu. 

''Jeb, Neil, Marvin, Doro dan saya dengan sedih mengumumkan bahwa setelah 94 tahun yang luar biasa, ayah kami tercinta telah meninggal,'' ujar George W. Bush, sang putra pertama seperti dikutip Reuters. 

Rencananya dia akan dimakamkan di George Bush Presidential Library, College Station, Texas. Veteran perang dunia kedua itu akan berbaring di samping Barbara dan mendiang putrinya Pauline Robinson "Robin" Bush yang meninggal akibat penyakiti leukimia saat masih berusia 3 tahun. Juru bicara keluarga Bush, Jim McGrath, mengungkapkan bahwa rencana pemakaman akan diumumkan nanti.

Kematiannya tak terlalu mengagetkan. Selain faktor usia, Bush senior juga kerap sakit-sakitan. Sehari setelah kematian istrinya, Bush senior dilarikan ke rumah sakit karena mengalami infeksi darah yang mengarah ke sepsis. Dia juga dirawat karena menderita penyakit Parkinson. Dalam beberapa kesempatan, mantan pilot tempur saat PD II itu juga terlihat memakai kursi roda. 

Mantan presiden yang memiliki nama panggilan Poppy ini melakukan 58 misi tempur untuk pasukan Angkatan Laut ketika PD II pecah. Saat itu dia adalah pilot tempur termuda. Usianya baru 19 tahun. Semua pesawat yang dikendalikannya diberi nama Barbara yang saat itu masih menjadi kekasihnya. Satu bukti bahwa Bush adalah sosok yang romantis. 

Keluarga Bush disejajarkan dengan keluarga mantan presiden John F.  Kennedy sebagai dinasti politik di AS. Bush dua kali menjadi wakil presiden di masa kepemimpinan Ronald Reagan. Dia adalah  wakil presiden aktif yang terpilih sebagai presiden. Putranya, Bush junior, juga penguasa Gedung Putih. Presiden ke-43 AS itu bahkan terpilih dua periode. Putra lainnya, Jeb Bush, menjadi Gubernur Florida. Dia sempat mencalonkan diri menjadi presiden tapi gagal. 

Kematian Bush membuat banyak pihak berduka. Gedung Putih mengibarkan bendera setengah tiang. Presiden AS Donald Trump menyebut Bush sebagai sosok cerdas yang memiliki komitmen kuat terhadap negara, keluarga dan keyakinannya. ''Dengan segala pencapaiannya dia tetap rendah hati,'' bunyi peryataan bersama Trump dan Melania. 

Wakil Presiden Mike Pence menyebut Bush sebagai sosok yang baik dan sederhana. Bush adalah sosok yang dikagumi baik oleh pendukung Republik maupun Demokrat. Mantan Presiden Barack Obama menyatakan bahwa kehidupan Bush adalah bukti bahwa melayani publik merupakan panggilan yang mulia dan menyenangkan. ''Dan sepanjang perjalanan tersebut dia melakukannya dengan luar biasa baik,'' bunyi pernyataan Obama dan sang istri Michelle.

Mantan Presiden AS Bill Clinton dalam cuitan di akun Twitternya menyatakan bersyukur bahwa dia pernah menghabiskan waktu bersama Bush. Dia mensyukuri setiap menitnya. ''Saya akan selalu mengenang persahabatan kami sebagai salah satu hadiah terbesar dalam hidup saya,'' cuitnya. (sha)

Berita Terkait