Bupati Landak Karolin Magret Dilantik Senin

Bupati Landak Karolin Magret Dilantik Senin

  Sabtu, 20 May 2017 10:01

Berita Terkait

PELANTIKAN Bupati dan Wakil Bupati Landak terpilih Karolin Margret Natasa-Herculanus Heriyadi periode 2017-2022 akan digelar Senin (22/5).

“SK penetapannya sudah disampaikan ke kami. Jadi pelantikannya bisa digelar tanggal 22 Mei 2017,” kata Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, di Pontianak, Jumat (19/5).

Sementara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang terpilih Tjhai Chui Mie-Irwan, masih belum bisa dilakukan karena jabatan wali kota saat ini akan berakhir Desember mendatang. “Kepastiannya belum diketahui, tapi ada kemungkinan dilakukan Januari 2018,” kata dia lagi.

Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriyadi berhasil memenangkan pilkada di Landak dengan meraih 96,86 persen suara dari masyarakat. Karolin menuturkan kemenangan yang diraih itu adalah kemenangan masyarakat Landak yang membuktikan kekompakannya menyukseskan pesta demokrasi di  Kabupaten Landak itu.

“Ini adalah kemenangan masyarakat Landak. Terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungannya kepada kami,” ucap Karolin.

Kemenangan itu juga menorehkan sejarah baru bagi Landak. Sebab Karolin menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai bupati di kabupaten Landak. Tidak hanya itu, dirinya juga menjadi wanita Dayak pertama yang menjadi kepala daerah di Indonesia.

Sejarah lainnya yang berhasil diciptakan adalah Karolin dan calon wakilnya, Herculanus Heriadi berhasil menjadi kepala daerah dari calon tunggal pertama di Kalimantan.

“Semua ini anugerah dari Tuhan sehingga cita-cita dan impian saya bisa terwujud,” pungkasnya.

Jumat (19/5), Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriadi mengikuti geladi bersih guna persiapan pelantikan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Landak periode 2017-2022 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar.

Geladi dipimpin Asisten I Pemerintahan Setda Provinsi Kalbar Alexander Rombonang, didampingi beberapa staf protokol Pemerintah Provinsi Kalbar yang terlihat memandu acara tersebut.

Terlihat juga Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, hadir melihat jalannya geladi dalam beberapa saat sebelum masuk ruangan kerjanya di lantai dua. Usai Geladi, Karolin yang menyatakan tidak ada persiapan secara khusus dalam pelantikan ini.

Ia memastikan setelah pelantikan akan langsung bekerja untuk Kabupaten Landak. Ibu dua anak itu mengatakan sudah siap lahir batin menerima amanah, siap menjalankan tugas memimpin Kabupaten Landak lima tahun ke depan.

Pasangan Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriadi dijadwalkan dilantik 22 Mei 2017 menjadi Bupati dan Wakil Bupati Landak periode 2017-2022.  Jadwal pelantikan itu berdasarkan surat Telek Mendagri yang ditujukan ke Gubernur Kalbar Nomor 273/2222/SJ, Tangal 10 Mei 2017 yang diterima oleh Biro Pemerintahan Provinsi Klabar pada12 Mei 2017.

Kepala Biro Bina Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Kalbar Natalia Karyawati mengatakan, dalam surat itu pelantikan calon bupati/wakil bupati dan calon wali kota/wakil wali kota hasil Pilkada serentak tahun 2017 akan dilantik secara serentak pada 22 Mei 2017.

“Pelantikan ini dilakukan di masing-masing provinsi dari kepala daerah dan wakil kepala daerah di kabupaten/kota yang masa jabatannya berakhir pad bulan Juli 2916 sampai dengan Mei  2017,” terang Natalia di Pontianak. (mse)

Berita Terkait