Bupati Disambut Adat, Warga Ungkapkan Rasa Syukur

Bupati Disambut Adat, Warga Ungkapkan Rasa Syukur

  Sabtu, 11 June 2016 09:16
DISAMBUT WARGA: Bupati Ketapang Martin Rantan SH dan Wakil Bupati Ketapang Drs Suprapto Sutrisno disambut warga dalam kunjungan keduanya ke Desa Terusan, Kecamatan Manismata, belum lama ini. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

MANISMATA – Kunjungan kerja Bupati Ketapang Martin Rantan SH dan Wakil Bupati (Wabup) Drs Suprapto Sutrisno ke Desa Terusan, Kecamatan Manis Mata, disambut meriah warga desa tersebut. Para pelajar SD dan SMP berbaris rapi menyambut kedatangan para pemimpin Kabupaten Ketapang tersebut. Bupati dan Wabup menyalami orang-orang yang menyambut kedatangan mereka, dilanjutkan acara adat potong buluh muda serta tarian adat Dayak sebagai bentuk ungkapan syukur.

Bupati dan Wabup mengikuti prosesi acara adat Dayak warga Desa Terusan, yang dipimpin oleh para sesepuh tokoh adat dan domong adat. Mereka memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kepemimpinan Bupati dan Wabup dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

“Terima kasih kepada warga yang telah menyukseskan Pilkada dan pasangan Martin-Prapto menang di Desa Terusan ini,” kata Bupati Martin Rantan ketika menyampaikan sambutan di hadapan ratusan warga desa, dalam acara adat di lapangan sepakbola Desa Terusan. Saat ini, dikatakan Martin, bersama Suprapto, mereka telah diberikan amanah untuk menjadi pemimpin. Kedatangan kembali dia bersama rombongan ke Desa Terusan, demi merealisasikan janji-janji politik sewaktu kampanye. Namun, Bupati tak memungkiri jika janji-janji tersebut sulit direalisasikan secepat mungkin, karena proses pembangunan memerlukan waktu.

“Kami tidak mungkin datang membagi bagi uang kepada masyarakat, tetapi kami akan membalas melalui pembangunan, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi,” kata Bupati.

Dijelaskan Bupati, untuk bidang pendidikan, dalam lima tahun ke depan, diharapkan akan berdiri sekolah menengah pertama (SMP) di sana. “Kita mulai dari SLTP dulu kita bangun, jadi anak anak kita yang tamat SD melanjutkan sekolah tidak jauh lagi seperti sekarang,” ujar Bupati.

Demikian juga dengan bidang kesehatan, menurut Bupati, harus ada peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas, seperti sarana dan prasarana kesehatan serta tenaga medis. “Untuk puskesmas ada beberapa puskesmas yang ditingkatkan agar puskesmas bisa memberikan pelayanan rawat inap di Kecamatan Manis Mata,” kata Bupati.

Terkait perekonomian, Bupati berharap agar warga Desa Terusan yang selama ini menggandalkan pendapatan ekonomi keluarga dari karet, agar memanfaatkan lahan basah untuk bertanam padi. Sedangkan untuk lahan kering, Bupati menyarankan agar dimanfaatkan untuk perkebunan atau lainnya.

Dalam bidang sosial budaya, Bupati mendukung pelestarian adat budaya dan kearifan lokal, agar tetap terjaga sebagai jati diri bangsa yang bermartabat. “Yang terpenting juga sarana infrastruktur seperti jalan dan jembatan, akan menjadi prioritas pembangunan dalam lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Sebelum meninggalkan Desa Terusan Bupati dan Ny Elysabet Bety Martin Rantan beserta rombongan didaulat untuk menari bersama dalam acara adat, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. (afi) 

 

Berita Terkait