Bupati Cek Harga dan Pembangunan Pasar

Bupati Cek Harga dan Pembangunan Pasar

  Jumat, 4 January 2019 10:48
PANTAU PASAR: Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir memantau proses Operasi Pasar yang dilakukan Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau bersama dengan Kodim 1206 Putussibau di sekitar pasar Pagi Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kemarin.

Berita Terkait

PUTUSSIBAU - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir memantau proses Operasi Pasar yang dilakukan Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau bersama dengan Kodim 1206 Putussibau di sekitar pasar Pagi Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (2/1).

Operasi pasar tersebut bertujuan untuk menyerah iklan harga kebutuhan pokok pada awal tahun 2019 ini.

Kebutuhan pokok yang dijual dalam operasi pasar atau pasar murah tersebut diantaranya beras, minyak goreng dan gula pasir.

Dalam kesempatan itu, AM Nasir didampingi Dandim 1206 Putussibau, Kapolres Kapuas Hulu, dan sejumlah pejabat lainnya juga blusukan ke pasar pagi. Sekaligus mengecek harga pasar yang ada di Putussibau.

Salah satunya adalah harga ikan yang menjadi salah satu komoditas unggulan di Kapuas Hulu. “Gimana bu, harga ikan? Susah tidak cari ikan?” Tanya Nasir kepada pedagang.

Nasir bersama rombongan juga menyempatkan mengecek pembangunan Pasar Dogom Permai hang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Saat ditemui wartawan, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini adalah  untuk memantau langsung perkembangan harga sembako dan kondisi pasar itu sendiri. 

“Harga sembako memang lagi tidak stabil, kami akan menurunkan tim untuk memantau atau monitor langsung harga sembako di pasar, jangan ada yang bermain harga disana. Kasihan masyarakat setiap tahun pasti menemukan harga sembako mahal,” katanya. 

Nasir menjelaskan, kondisi pasar di Putussibau ini memang semrawut, maka dari itu pihaknya terus melakukan penataan agar kondisi pasar tertata dengan baik. 

“Pembenahan pasar menjadi prioritas kami, untuk itu bagaimana kita membenahkan pasar ini,” ucapnya. 

Kendati kondisi pasar Putussibau semrawut, kata Bupati, dirinya tetap optimis masalah pasar ini akan selesai mengingat saat ini tengah dilakukan pembangunan pasar Dogom Permai, meskipun pembangunannya terhambat. 

Sementara itu Kuswandi, Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu mengaku prihatin dengan kondisi pasar di Putussibau kumuh dan semrawut. Maka dari itu pihaknya terus mendorong agar Pemkab Kapuas Hulu segera membenahi pasar tersebut. 

“Jika memang pasar ini perbaikannya bisa diusulkan kembali, kita usulkan. Terutama untuk pembuatan drainase agar air yang ada tidak tergenang,” ucapnya. 

Kuswandi mengatakan, dalam penanganan pasar ini Pemkab Kapuas Hulu tidak bisa juga disalahkan karena dalam pembangunan pasar juga melibatkan Pemerintah Pusat sehingga proses ini membutuhkan waktu. 

“Saya optimis dengan pembangunan pasar Dogom Permai yang dibangun saat ini bisa mengatasi kesemerawutan pasar Putussibau,” terangnya.

Terpisah Kepala Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau Sabarani mengatakan, operasi pasar tersebut dilakukan secara serentak seluruh Indonesia sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo.

“Kegiatan ini serempak seluruh Indonesia. Dan dilaunching pada hari ini,” paparnya, kemarin.

Untuk di Putussibau sendiri, lanjut Sabarani, operasi pasar itu menjual gula seharga Rp11 ribu/kg, minyak goreng kemasan Rp12.500/liter dan beras medium Rp9.500/kg.

Dalam operasi pasar  tersebut, kata Sabarani, Bulog Putussibau menyiapkan beras sebanyak enam ton, gula 500 kg dan minyak goreng kemasan satu ton.

“Kami akan menggelar operasi pasar sampai Maret mendatang, namun kami sesuaikan waktu dan lokasinya,” lanjutnya. (arf)

Berita Terkait