Bupati Buka Pasar Murah AGP di Pinang Luar

Bupati Buka Pasar Murah AGP di Pinang Luar

  Sabtu, 18 June 2016 09:41
MENYERAHKAN: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, menyerahkan paket sembako murah kepada warga.

Berita Terkait

BUPATI Kubu Raya, Rusman Ali, membuka pasar murah paket sembako Ramadan 1437 Hijriah yang digelar Artha Graha Peduli di Desa Pinang Luar, Kecamatan Kubu, Senin siang, 13 Juni 2016. Dalam pelaksanaan di lapangan, Artha Graha Peduli menggandeng PT Mitra Aneka Rezeki (MAR), anak usaha PT Pasifik Agro Sentosa (PAS), yang beroperasi di Kabupaten Kubu Raya.

“Melalui pasar murah ini, setidaknya perusahaan dapat membantu pemerintah daerah untuk mengendalikan harga sembako di pasar. Karenanya, saya meminta seluruh perusahaan yang ada di Kubu Raya untuk adakan pasar murah,” ujar Rusman. Ia menambahkan, jelang Ramadan, harga sembako melonjak tinggi. “Melalui pasar murah, perusahaan bantu kami, sebagai antisipasi tidak terjadi lagi lonjakan harga sembako,” katanya.

Ia pun mengingatkan para pedagang di Kubu Raya, jangan sekali-kali menimbun barang agar harganya naik. Tegas Rusman, “Kalau ketangkap, saya adili. Langsung saya bawa ke pengadilan. Jadi saya mohon, jangan ada pedagang tumpuk barang, bagaimana pun kita berusaha kendalikan harga pasar di Kubu Raya.”

Dari pemantauan Pontianak Post, beberapa bahan pokok di Kubu Raya, khususnya Pinang Luar memang melonjak naik, terutama gula pasir. Saat ini, harga gula pasir di sana bervariasi, Rp17 ribu - Rp18 ribu per kilogram. Padahal awalnya, gula pasir masih dijual sekitar Rp14 ribu per kilogramnya.

“Gula sekarang Rp17 ribu. Gula, kami sangat butuhkan. Pasar murah sangat membantu. Enak ada pasar murah. Kalau bisa lebih sering,” ujar Usrek (65), ibu lima anak yang menjadi petani di Pinang Luar.

Rasa syukur pun disampaikan Setiani, warga Pinang Luar lainnya. “Kami senang ada pasar murah. Terima kasih Artha Graha Peduli yang peduli dengan masyarakat Pinang Luar,” katanya.

Supiarno, Kades Pinang Luar dalam sambutannya berharap, niat baik dan langkah perusahaan tersebut dicatat sebagai amal yang berguna bagi semua pihak. “Mudah-mudahan, Artha Graha selalu peduli dengan masyarakat, khususnya di Pinang luar dan desa-desa lain di wilayah PT MAR. Tadi ada bisik-bisik dari warga, kalau bisa kuota paket sembakonya ditambah. Kalau bisa ada tepung juga,” ujarnya.

Terpisah, Semangat Sembiring, General Manager PT MAR menyatakan, melalui pasar murah, perusahaan ingin ikut meringankan beban masyarakat, terutama dalam momen Ramadan 1437 H. “Kami bantu masyarakat dapatkan beberapa jenis sembako dengan harga murah,” katanya.

Paket sembako berisi beras, gula pasir, minyak goreng Bimoli, dan susu kental manis Indomilk. Tiap paket dijual Rp25 ribu, lebih dari setengah harga normal di pasaran. Paket sembako pun didistribusikan secara merata. Pasalnya, tiap warga hanya dapat membeli satu paket sembako sesuai dengan KTP yang dimiliki.

“Kami di Kubu Raya ada tiga titik. Pinang Luar ini titik pertama. Dilanjutkan pada desa-desa binaan kami, total ada tujuh desa. Pasar murah akan kami lanjutkan untuk Desa Arus Deras, Sungai Deras, Air Putih, Kampung Baru, Pinang Dalam, dan Ambawang. Kami layani semua,” jelasnya.

Dalam pembukaan pasar murah di Pinang Luar, bupati turut membawa rombongan SKPD. Hadir pula forkompimda kabupaten Kubu Raya dan kecamatan Kubu; serta Direktur Agronomi PT PAS, Murni Lukas. (d1)

Berita Terkait