Bupati Ajak Gerakan Tanam Padi

Bupati Ajak Gerakan Tanam Padi

  Sabtu, 20 May 2017 08:58
TANAP PADI: Bupati Sanggau Paolus Hadi ikut menanam padi, di Desa Sebara, Dusun Perapat, Kecamatan Parindu. YANTO/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SANGGAU - Bupati Sanggau, Paolus Hadi, mengatakan untuk mendukung program menanam padi, pihaknya akan terus mengembangkan dan mengajak para petani melalui Gapoktan menanam padi menggunakan bibit unggul, serta memanfaat lahan tidur dijadikan lahan pertanian. Selain itu, menurutnya sawah yang luas dikelilingi oleh perkebunan, buah-buahan kedepannya harus dikembangkan menjadi agro pariwisata.

“Kita siap menyukseskan program ini, maka kita melalui para penyuluh untuk mengajak petani selalu menggunakan bibit padi unggul, serta memanfaatkan lahan tidur untuk ditanam padi. Bahkan pemeirntah daerah juga terus berupaya meningkatkan produksi pertanian dengan memberikan bantuan alat-alat pertanian,” kata Paolus Hadi, saat menghadiri acara menanam padi di Desa Sebara, Dusun Perapat, Kecamatan Parindu, Kamis (18/5), kemarin.

Selain itu, Paolus Hadi mengatakan seluruh petani harus menggalakan gerakan tanam dengan memanfaatkan semaksimal mungkin lahan perkebunan dan pertanian yang ada.

“Keadaan iklim yang baik saat ini, harus dimanfaatkan secara maksimal untuk bercocok tanam bermacam-macam tanaman, tentunya tanaman yang bermanfaat seperti padi, jagung, kedelai, ubi-ubian, sayur-sayuran dan buah-buahan,” ungkapnya.

Lanjutnya lagi, Paolus Hadi mengajak petani untuk mengoptimalkan peluang saat ini guna mendorong produktivitas sekaligus mengantisipasi turunya cadangan pangan dunia karena pengaruh iklim.

“Saya menekan kepada petani untuk memanfaatkan iklim saat ini untuk melakukan gerakan tanam. Saya juga menyarankan kepada petani agar melaksanakan gerakan tanam sesuai dengan agro iklim setempat. Usahankan tanaman yang ditanam tanaman yang bermanfaat dan laku dijual dipasaran, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani,” ujarnya.

Sedangkan Kades Sebara, Mardiano mengatakan bahwa di dusun Rantau Perapat ini luas sawahnya sebanyak 42 hektar.

“Maka dari itu, saya sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah yang telah membantu Hand Tractor sebanyak 2 unit kepada petani kita. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini masyarakat di Desa Sebara, Dusun Perapat ini kedepannya bisa 3 kali setahun panennya,” harapnya.

Usai acara ramah tamah Bupati sanggau, Paolus Hadi, yang juga didampingi Kadis DKPTPHP, Dandim 1204, Danramil, dan perwakilan Kapolres Sanggau, serta rombongan lainnya serahkan Hand Tractor kepada ketua kelompok tani secara simbolis. (yto)

Berita Terkait