Bunyi Gong 7 Kali Akhiri Acara Gawai

Bunyi Gong 7 Kali Akhiri Acara Gawai

  Rabu, 11 July 2018 10:00
BERAKHIR: Bupati Sanggau, Paolus Hadi menutup acara Gawai Dayak Sanggau XIV dengan memukul gong sebanyak 7 kali. RIZKY/DISKOMINFO FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

 

 

SANGGAU-Bupati Sanggau, Paolus Hadi pada Senin (9/7) malam menutup Pekan Gawai Dayak (PGD) Nosu Minu Podi ke XIV, Kabupaten Sanggau, di Rumah Betang Raya Dori Mpulor Sungai Mawang Kecamatan Kapuas. Pemukulan gong sebanyak tujuh kali menjadi penanda berakhirnya acara gawai. 

Yohanes Ontot selaku ketua DAD Kabupaten Sanggau menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada seluruh DAD kecamatan atas partisipasi dalam mengkoordiasikan masyarakat kecamatannya sehingga bisa ikut ambil bagian dalam memeriahkan Gawai Nosu Minu Podi XIV.

“Selaku Ketua DAD Sanggau, saya mengucapkan selamat kepada para juara dari setiap cabang yang diperlombakan dalam Gawai Dayak kali ini, bagi yang belum juara tetap semangat kerena tahun depan masih bisa berkompetisi kembali,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan bahwa pelaksanaan tahun ini adalah wadah menjalin silahturahmi masyarakat adat Dayak dan masyarakat dari berbagai etnis lainnya sebagai wujud keberagaman dalam memajukan budaya daerah. 

“Tiga hari dilaksanakan (gawai) yang dirangkai dengan bermacam kegiatan lomba hendaknya meningkatkan kesadaran kita selaku masyarakat Sanggau untuk selalu menjunjung adat dan budaya yang ada di daerah kita,” harapnya.

“Saya berharap antusias dari masyarakat dalam melaksanakan Gawai Dayak tetap dipertahankan dan ditingkatkan hingga nantinya perhelatan gawai dayak ini tetap terlaksakan pada tahun-tahun berikutnya,” tambah dia.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpatisipasi pada acara tahunan tersebut. Kedepan generasi-generasi muda harus menjadi generasi yang berkualitas, kreatif, berbudaya dan bermartabat dengan tetap mempertahankan nilai-nilai kealifan lokal dan bangga dengan identitas dirinya. (sgg)

 

Berita Terkait