BPSPL Pontianak Serahkan Bantuan ke Kompak

BPSPL Pontianak Serahkan Bantuan ke Kompak

  Kamis, 13 December 2018 17:55
BPSPL Pontianak saat memebrikan bantuan kepada 3 kelompok masyarakat yaitu Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Selasa (11/12).

SINGKAWANG - Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah melaksanakan kegiatan serah terima bantuan Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Selasa (11/12) di Desa Setapuk Besar, Singkawang, Kalimantan Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh BPSPL Pontianak, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang ; Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya ; Camat Singkawang Utara ; Kepala Polisi Sektor Singkawang Utara ; Lurah Setapuk Besar ; Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri (Kota Singkawang) ; Kelompok Masyarakat dalam Pemeliharaan dan Pengawasan Biota Laut (Kima) dan Lain-Lain (Kabupaten Bengkayang) ; Kelompok Swadaya Masyarakat Bina Lestari (Kabupaten Kubu Raya).

Kepala BPSPL Pontianak yakni Getreda Melsina Hehanussa, yang membuka secara resmi acara serah terima bantuan KOMPAK menyampaikan tujuan dari pemberian bantuan pemerintah kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam rangka upaya pelestarian, perlindungan dan pemanfaatan jenis ikan yang dilindungi/tidak dilindungi serta ekosistemnya, yaitu dengan cara mendukung dan mengapresiasi KOMPAK yang harapannya bisa berdampak pada peningkatan ekonomi.

“Kegiatan ini selanjutnya masih terus dievaluasi dan perlu dilakukan publikasi,” katanya.

Penyerahan bantuan KOMPAK secara simbolis kepada 3 kelompok masyarakat yaitu Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri (Kota Singkawang) berupa 1 unit speed boat dan 1 unit mesin tempel 40 K ; Kelompok Masyarakat dalam Pemeliharaan dan Pengawasan Biota Laut (Kima) dan Lain-Lain (Kabupaten Bengkayang) berupa 1 paket peralatan selam ; Kelompok Swadaya Masyarakat Bina Lestari (Kabupaten Kubu Raya) berupa 1 unit body kapal untuk monitoring Pesut. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Serah Terima (BAST).

Kepala Seksi Pendayagunaan dan Pelestarian BPSPL Pontianak yakni Sy Iwan Taruna Alkadrie, menambahkan, bahwa justifikasi dari pemberian bantuan ini adalah kelompok yang benar-benar serius dalam upaya menggerakkan konservasi.

“ Kita sangat mengapresiasi semangat mereka dengan memberikan bantuan berupa peralatan pendukung untuk melestarikan lingkungan melalui upaya konservasi,” kata dia.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Singkawang yakni Ir. Yustina Fitriadi. Menuturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui serah terima bantuan ini dari BPSPL Pontianak. Dia menilai perlu adanya sinergitas antar sektor terkait dalam upaya mendukung kelompok masyarakat dalam menggerakkan konservasi.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya yakni Fitria juga menyambut dengan baik kegiatan serah terima ini. Beliau berharap bantuan yang telah diterima dapat memberikan dampak yang positif untuk peningkatan ekonomi dan kegiatan ini bisa tetap terus berlanjut.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri yakni Jumadi mengapresiasi  pemberian bantuan yang dilakukan dalam upaya mendukung pihaknya dalam menggiatkan konservasi mangrove.

“Dari awal kami memang mempunyai kemauan yang keras untuk melestarikan wilayah pesisir”, ujar Pak Jumadi. (/r)