Bolt Tak Berniat Pecahkan Rekor Lagi

Bolt Tak Berniat Pecahkan Rekor Lagi

  Kamis, 15 September 2016 09:30
Usain Bolt

Berita Terkait

KINGSTON-Usain Bolt baru berencana pensiun sebelas bulan mendatang. Panggung terakhir yang dia pilih adalah Kejuaraan Dunia Atletik 2017 yang berlangsung di London pada Agustus (5-13/8). Namun, sejak saat ini, dia sudah menegaskan, tidak ada keinginan sedikitpun pada dirinya untuk memecahkan rekor dunia baru.

Hal itu diungkap Bolt dalam wawancara dengan stasiun televisi lokal Jamaika kemarin. Pelari 30 tahun itu mengatakan, meski tetap meraih emas di nomor sprint 100 meter dan 200 meter Olimpiade Rio 2016 Agustus lalu, catatan waktu yang dia bukukan beberapa tahun terakhir terus menurun. Untuk itu, dia tidak mau memasang target yang terlalu tinggi.

“Tidak ada (keinginan membuat rekor dunia baru). Bagiku, saat ini yang terpenting adalah tampil di sana lantas menutup semuanya dengan sesuatu yang mengesankan,” ucap pengumpul sembilan medali emas Olimpiade tersebut dilansir Reuters.

Bolt saat ini memang masih menggenggam rekor dunia di nomor 100 meter dan 200 meter. Rekor tersebut dia jaga sejak tujuh tahun silam alias dicetak pada Kejuaraan Dunia Atletik 2009 di Berlin.

Saat itu, pelari kelahiran Sherwood Content, Jamaika itu meraih emas nomor 100 meter dengan catatan waktu 9,58 detik. Sedangkan di 200 meter dia membukukan catatan waktu 19,30 detik. Sampai saat ini belum ada yang mampu memecahkan rekor itu.

Raihan tersebut juga menjadi penajaman rekor yang telah dibukukan Bolt setahun sebelumnya. Di Olimpiade 2008 Beijing, dia membuat catatan waktu 9,69 detik di 100 meter. Sementara di 200 meter raiahnnya adalah 19,30 detik.

Sebagai perbandingan, catatan waktu yang dibukukan Bolt saat meraih emas di Olimpiade Rio 2016 kemarin memang sudah jauh menurun. Di 100 meter dia membukukan catatan waktu 9,81 detik. 

Sementara di 200 meter dia mencapai 19,78 detik. “Aku hanya ingin tampil di Kejuaraan dunia dan melakukan penampilan terbaik. Itu saja planning yang aku siapkan,” ucap Bolt. 

Pengumpul sebelas medali emas kejuaraan dunia itu saat ini juga masih berbeda pendapat dengan sang pelatih yakni Glen Mills. Mills menginginkan Bolt tampil kali terakhir di London dengan mengikuti dua nomor yakni 100 meter dan 200 meter. Sementara Bolt sendiri hanya menginginkan tampil di 100 meter. 

“Mungkin akan kami tentukan di awal tahun. Namun, sampai saat ini, yang ada dibenakku memang hanya turun di satu nomor,” jelas orang pertama yang mampu memegang rekor dunia di nomor 100 meter dan 200 meter sekaligus tersebut.(irr)

Berita Terkait