BKPIM Pontianak Gelar Bulan Bakti 2018

BKPIM Pontianak Gelar Bulan Bakti 2018

  Kamis, 26 April 2018 10:13
SOSIALISASI: Kepala BKIPM Pontianak Miharjo saat menjadi pembicara sosialisasi pada salah satu rangkaian Bulan Bakti 2018. ISTIMEWA

Berita Terkait

Mengambil Tema Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina

PONTIANAK - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) tahun ini kembali menyelenggarakan Bulan Bakti Karantina dan Mutu 2018. Tahun ini kegiatan ini mengambil tema ‘Melalui Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina (Gemasatukata), Kita Wujudkan Penyediaan Pangan Sehat untuk Peningkatan Gizi Masyarakat”. 

Bulan Bakti Karantina dan Mutu 2018 dilaksanakan serentak di Pusat BKIPM dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) KIPM seluruh Indonesia, mulai 3 hingga 30 April mendatang. 

Kepala BKIPM Pontianak Miharjo mengatakan, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk menyosialisasikan peran strategis karantina dan keamanan hayati ikan. “Selain itu juga pengendalian mutu dan keamanan hasil ikan,” katanya. 

Kegiatan ini, kata Miharjo, juga bertujuan membangkitkan dan menggerakan kesadaran masyarakat dan stakeholder dalam pengendalian penyakit ikan, keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan. “Kegiatan ini juga penting bagi petugas kami untuk menjaga profesionalitas, akuntabilitas, kesopanan, transparasi dan inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan.”

Pembukaan Bulan Bakti telah dilaksanakan pada tanggal 3 April 2018 di Pusat Pasar Agrobisnis (Puspa Agro), Sidoarjo, Jawa Timur oleh Kepala BKIPM Rina mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Stasiun KIPM Pontianak yang memulai Bulan Bakti 2018 dengan meresmikan Tim Satgas Pangan Sehat. Acara ini dipimpin Kepala Stasiun KIPM Pontianak Miharjo.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan, antara lain: pekan pelayanan publik dan program Go to Market dengan melakukan pengecekan mutu ikan di pasar tradisional dan supermarket di Pontianak dan sekitarnya. Adapula Coaching Clinic Kesehatan dan Mutu ikan, Car Free Day Bersama SKIPM Pontianak, Berbagi Kasih dengan anak yatim piatu, Bersih Pantai di Pulau Lemukutan, Lomba Mewarnai, Pengenalan ikan sehat dan bermutu tingkat sekolah, dan pembagian ikan sehat dan bermutu.  

“Kami juga melakukan Pengenalan Stasiun KIPM Pontianak dan Jalan Sehat Bersama 120 anak-anak TK dan Guru Gembala Baik dengan memberikan souvenir ikan hias dan bingkisan menarik pada 18 April 2018,” ujar Miharjo.

Selain itu digelar pula FGD/Temu Mitra dengan Pemberian Penghargaan kepada Stakeholder / Pengguna Jasa dengan beberapa kategori Terpatuh, Volume Terbanyak, Frekuensi Terbanyak dan penyerahan sertifikat CPIB. 

Senam sehat bersama keluarga Besar Stasiun KIPM Pontianak digelar pada 20 April 2018 yang dihadiri oleh para undangan instansi terkait, kemeriahan bertambah saat pemberian doorprize yang menarik dan diiringi dengan suguhan hiburan nyanyian.

“Kami juga melepasliarkan 100 ekor kepiting undersize dan bertelur di perariran hutan bakau Desa Tanjung Saleh, Kabupaten Kubu Raya sebanyak 100 ekor ,” tutupnya. (pms/ser)

Berita Terkait