Bisnis Hantaran Kian Moncer

Bisnis Hantaran Kian Moncer

  Senin, 28 January 2019 13:29
HANTARAN : Barang-barang hantaran akan lebih elok bila dikreasikan dan dipercantik dengan hiasan. Memanfaatkan jasa bungkus hantaran barangkali dapat menjadi solusi agar barang hantaran menjadi lebih elok dipandang | SITI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Usaha yang berkaitan dengan pernikahan kian beragam. Selain jasa dekorasi, katering, fotografi, ada beberapa usaha lain di seputar perhelatan nikah. Satu di antaranya adalah jasa hantaran pengantin.

Salah satu yang membuka jasa ini adalah Febriani Widiastuti. Ia bersama sang kakak, Sri Purwanti sudah setahun terakhir menekuni usaha yang ia namakan, Roses Hantaran Pontianak. “Januari ini usaha kami sudah berjalan selama satu tahun,” ungkap Febriani.

Menurutnya, tidak sedikit yang memerlukan jasa bungkus barang hantaran ini. Sebagian pasangan, kata dia, menginginkan tampilan barang hantaran yang menarik dan elok dipandang. Karena, barang hantaran  dianggap tidak sekedar pelengkap pernikahan. Namun, barang-barang itu merupakan simbol keseriusan mempelai pria kepada wanita. Itu sebabnya, tampilan barang hantaran mesti menjadi perhatian.

Jumlah pemesan jasa hantaran ini, menurutnya sangat fluktuatif. Pada waktu-waktu favorit nikah, seperti bulan haji (Zulhijah, red) dan akhir tahun, permintannya cukup tinggi. Dalam satu pekan saja, ada sekitar 4-5 pemesan.  “Tapi kalau sepi, paling hanya beberapa kali, bahkan satu bulan pernah hanya dua kali,” katanya.

Untuk jenis-jenis barangnya, lanjut dia, semua berasal dari si pemesan. Tugas jasa hantaran ini, hanya membungkus, menghias dan mempercantik barang hantaran. Si pemesan pun dapat memesan sesuai dengan tema warna yang diinginkan. Mengenai bentuk barang yang akan dikreasikan, seluruhnya dipercayakan kepada yang membungkus hantaran.

Tempat barang hantaran yang dimilikinya pun beragam. Ada yang berbentuk kotak dengan penutup berbahan akrilik. Ada pula yang berbentuk kandang burung. Khusus untuk cincin, disediakan kotak khusus, atau yang sering disebut ring box. 

Mengenai jumlah hantaran yang dipesan, pihaknya menetapkan minimal satu kotak. Namun kebanyakan, pemesan memesan delapan hingga sepuluh kotak. Satu kotak dihargai dengan Rp50 ribu. Pemesanan dapat dilakukan minimal satu minggu sebelum tanggal pernikahan.  “Minimal H-seminggu, itu pun kalau kondisi kami sedang tidak ramai pemesanan,” ucapnya.

Dalam proses menghias barang hantaran, ia pun mengakui pernah mengalami kendala. Terutama saat si pemesan memasok barang terlalu banyak, sementara jumlah kotak yang dipesan tidak mencukupi. “Jika idealnya barang itu muat di sepuluh kotak, namun pihak pemesan hanya memesan delapan kotak saja. Ini yang kadang membuat sulit,” tuturnya.

Ke depan, ia berencana akan merambah bisnis lainnya. Saat ini, selain usaha hantaran, ia juga siap melayani permintaan souvenir. Lebih jauh lagi, ia berharap dapat membuka usaha cetak undangan. “Sekarang sudah lumayan banyak usaha yang sama, jadi mau meningkatkan kualitas. Jasa lainnya juga akan ditambah, seperti souvenir, bahkan kalau ada rezeki mau tambah jasa cetak undangan,” pungkasnya. Pasangan calon pengantin yang hendak memesan hantaran bisa menghubungi nomor kontak WA: 085654547570 atau 085750337603. Informasi selengkapnya bisa mengunjungi IG: roses.hantaranptk. "Pelayanan adalah hal terpenting bagi kami," ujar Febriani.(sti)

Berita Terkait