Bijak Kelola Sampah

Bijak Kelola Sampah

  Senin, 11 February 2019 10:59
Menggunung: Tempat pembuangan akhir sampah, bagian dari program pembenahan Pemkot Pontianak untuk meraih Adipura. MUJADI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Pemerintah Kota Pontianak menyiapkan kebijakan dan strategi daerah tentang pengolahan sampah. Hal ini juga sebagai persiapan untuk mendapatkan penghargaan Adipura. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan kebijakan itu nantinya bertujuan meningkatkan pengelolaan sampah di Kota Pontianak. 

Sasarannya adalah SKPD, masyarakat dan sekolah.  Sedangkan untuk pencapaian penghargaan adipura, ada 19 variabel yang harus dipersiapkan dengan baik. Seperti , jalan, drainase, pasar sekolah, pemukiman, perkantoran, bank sampah induk, tempat pengolahan sampah akhir, perairan terbuka.  Edi optimis penghargaan itu bisa diraih. Meski demikian ia tak menampik membutuhkan waktu untuk mempersiapkan infrastruktur penunjang. “untuk variabel lain insya allah bisa memenuhi target, tapi ada beberapa infrastruktur yang perlu dibangun dengan konsep lelang sehingga membutujkan waktu,” kata Edi di Pontianak, kemarin.

Untuk memastikan pencapaian target itu Pemkot bakal menyiapkan tim untuk nanti bisa bekerja meningkatkan kinerja guna mengejar penghargaan adipura.  “Misalnya ruang terbuka hijau, harus pastikan tetap bersih. Sampah terus diangkut, lalu siapkan bank sampah. Nanti akan dibentuk tim untuk mengawasi sehingga monitoring terus dilakukan,” jelas Edi. Lalu bagaimana dengan perilaku masyarakat? Edi menyatakan bahwa Pemerintah Kota Pontianak sudah tegas dalam menindak masyarakat yang membuat sampah sembarang dan tidak pada waktunya. “Ini sebagai efek jera untuk membangun kesadaran masyarakat agar tidak sembarangan membuang sampah,” pungkasnya. (mse) 

Berita Terkait