Bidang Yankes Dinkes Gelar Pembinaan Kesehatan Tradisional

Bidang Yankes Dinkes Gelar Pembinaan Kesehatan Tradisional

  Jumat, 12 April 2019 09:07
BERSAMA: Para peserta berfoto bersama usai kegiatan workshop asuhan mandiri kesehatan tradisional yang dilaksanakan Bidang Yankes Dinkes Sambas. Istimewa

Berita Terkait

SAMBAS - Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) mengadakan program pembinaan kesehatan tradisional, komplementer dan khusus, pada Senin (8/4) yang lalu. Adapun kegiatannya berupa workshop Asuhan Mandiri Kesehatan tradisional melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dan Akurpresure. Kegiatan ini melibatkan 28 Puskesmas di Kabupaten Sambas. 

"Asuhan Mandiri Kesehatan tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresure ini memang perlu dikembangkan, untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, dilakukan berbagai upaya pelayanan kesehatan terutama melalui upaya promotif dan preventif dalam pendekatan keluarga," kata Mulyadi SKM, Plt Kasi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional, Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas.

Maka dari itu, kata Mulyadi, perlu adanya pengetahuan dan keterampilan yang diberikan secara berjenjang mulai dari Dinas Kesehatan Kabupaten akan melatih Fasilitator Puskesmas. Kemudian Fasilitator Puskesmas tersebut akan memberikan orientasi kepada kader, dan selanjutnya kader akan mensosialisasikan kepada keluarga yang ada di sekitarnya. "Harapan kita, setelah mengikuti TOT Asuhan Mandiri Kesehatan tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresure ini, tenaga tersebut dapat siap melaksanakan tugas sebagai pelatih kompeten dalam pengembangan Asuhan Mandiri Kesehatan tradisional melalui pemanfaatan Toga dan Akupresure di wilayah masing-masing," tutup Mulyadi.(fah) 

Berita Terkait