Biar Puasa Tetap Olahraga

Biar Puasa Tetap Olahraga

  Sabtu, 18 June 2016 15:47

Berita Terkait

Mungkin bakalan banyak yang bertanya, apakah orang yang sedang berpuasa boleh tetap melakukan olahraga atau nggak? Kalau buat beberapa orang, termasuk kamu, olahraga bakalan menghambat upaya dalam menjalankan ibadah puasa. Padahal nih, dengan berolah raga justru kebugaran stamina dan daya tahan tubuh kamu bakalan lebih kuat. Meskipun memiliki berbagai keterbatasan, bukan berarti aktivitas kamu hanya diisi dengan tidur atau bermalas-malasan, kan? Kira-kira, sobat Z di bawah ini juga memiliki pemikiran yang sama atau bahkan turut serta berolahraga selama berpuasa nggak ya?

Olahraga Bukan Hambatan Puasa

Menjalani rutinitas olahraga selama bulan Ramadan kerap dilakukan oleh Tiara Vigi A. bersama sang adik. Akunya sih doi kerap melakukan olahraga kecil dan ringan. Biasanya mengisi waktu ngabuburitnya main bulu tangkis atau lari-lari kecil,” cuap cewek yang akrab disapa Tiara ini. Sejauh menjalani aktivitas olahraga selama puasa, alumnus SMAN 6 Pontianak ini belum pernah sakalipun merasakan efek samping negatif seperti lemas atau hingga berniat membatalkan puasanya. “Bagiku dan adik, puasa bukan hambatan dalam menjalani aktivitas olagraga. But, aku juga nggak bisa menyamakan fisik aku dengan orang lain yang usianya sama atau bahkan usianya di bawahku. Karena energi tubuh masing-masing orang kan berbeda,” tambah cewek 18 tahun ini.

Tubuh Jauh Lebih Segar

Selama puasa, olahraga Dewi Atika Puspandari sekedar lari-lari kecil di lingkungan sekitar rumahnya. “Meski aktivitasnya lari-lari kecil, sejauh ini aku nggak terlalu meraskaan hambatan dalam menjalani ibadah puasa. Justru dengan berolahraga aku merasa tubuh jauh lebih segar. Nggak merugikan deh menunggu waktu bedug sembari berolah raga,” tutur siswi SMKN 7 Pontianak ini. Bahkan menurutnya, anak yang kerap menyempatkan berolahraga saat puasa adalah anak yang sehat. So, apakah kamu termasuk dalam kategori tersebut?

Semua Bergantung Pada Niat

Nah, kalau yang satu ini emang dari awalnya kurang suka sama olahraga. Jadinya juga nggak bakal ngaruh deh sama aktivitas olahraga selama berpuasa, Tapi terkadang tanpa disadari, naluri Fuji Diana Lestari untuk berolahraga saat puasa bisa datang juga, lho! Ceritanya sih doi sempat nyoba-nyoba jogging keliling gang. “Jujur kerasa banget sih lelahnya, tapi kembali lagi ke niat awalnya. Jogging demi mengisi waktu ngabuburit. Insha Allah nggak bakalan haus,” tutur calon mahasiswa baru perguruan tinggi Pontianak ini. Cewek manis berhijab yang ngendon di Tanjungpura ini mengaku nggak ada ruginya olahraga sembari berpuasa, hanya semua bergantung lagi pada niat. “Pokoknya kalau niatnya positif, pasti akan mendapatkan berkah,” tutupnya. (ghe)

 

Berita Terkait