Berlomba Perbaiki Penampilan, Pangkas Rambut pun Diserbu Pelanggan

Berlomba Perbaiki Penampilan, Pangkas Rambut pun Diserbu Pelanggan

  Minggu, 10 June 2018 10:00
KEBANJIRAN ORDER: Warga saat memotong rambut di Pangkas Rambut Star Jalan Agus Salim, Sabtu(9/6). Menjelang Lebaran, banyak warga yang merapikan rambut agar terlihat sempurna saat Idulfitri nanti. HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Geliat Warga Kota Pontianak Sambut Lebaran 

Menjelang Idul Fitri, usaha pangkas rambut dengan berbagai model potongan di Pontianak kebanjiran pelanggan. Pangkas Rambut Star adalah salah satunya. Lokasinya yang cukup strategis di pinggir Jalan Agus Salim menjadi daya tarik tersendiri. Warga mudah untuk datang menjajal layanannya. 

HARYADI, Pontianak 

MARWAN, salah seorang karyawan pangkas rambut ini mengatakan, mulai pertengahan bulan puasa hingga mendekati Lebaran, cukup ramai pelanggan yang memotong rambut. Apalagi di akhir pekan. Jumlah pelanggan yang datang meningkat drastis. Bahkan ia memperkirakan peningkatannya bisa mencapai 90% dibanding hari biasa. 

Ramainya pelanggan membuat ia dan rekan-rekannya sesama tukang pangkas lain harus kerja ekstra. "Rame mas. Sampai-sampai tidak ada jedanya motong, karena pas baru buka pagi saja pelanggan sudah ada yang menunggu dan tidak putus-putus berdatangan hingga kadang sampai malam," ujar pria berambut pendek itu. 

Ia menambahkan, di musim seperti ini, kadang para pelanggan harus mengantre dengan sabar untuk menunggu giliran rambutnya dipangkas. Di tempat Marwan bekerja ini, pemangkas rambut berjumlah lima orang. Meskipun pelanggan ramai, mereka tetap berupaya untuk mengedepankan kualitas potongan rambut. Hal itu agar para pelanggan senang  dan puas. 

“Kami  sudah memberikan layanan selama 30 tahun dalam hal pelayanan jasa pangkas rambut,” katanya. Tarif potong rambut di Pangkas Rambut Star dipatok Rp30 ribu per kepala. Biaya itu mencakup layanan potong rambut, potong kumis, janggut serta pijit kepala dan bahu.

Andi, salah satu warga mengaku sebagai pelanggan setia di Pangkas Rambut Star. Tak tanggung-tanggung, ia sudah menjadi langganan pangkas rambut ini sejak 24 tahun lalu. Meski tinggal di Tanjungraya II, Pontianak Timur, ia rela menempuh jarak yang cukup jauh demi mendapatkan layanan terbaik di Pangkas Rambut Star. 

"Meski di dekat rumah saya juga banyak pangkas rambut, namun saya tetap setia potong rambut di sini. Sebab tukang pangkasnya sudah paham dengan model rambut yang kita inginkan," terangnya.

Di lokasi yang berbeda, tukang pangkas rambut di kawasan Pasar Parit Besar juga tampak ramai. Jejeran kios pangkas rambut di Jalan Ci Ujung Selatan pun dipadati oleh warga yang  menantikan pelayanan terbaik dari tukang potong rambut mereka.

Salah satu warga yang datang kesana adalah Dedi Iskandar. Ia datang bersama anaknya Jamir Mustapa yang berniat merapikan rambutnya menjelang Lebaran. Warga Jalan Ketapang tersebut memang telah lama menjadi pelanggan tetap di pangkas rambut di kawasan tersebut.

"Kalau saya memang sudah lama potong rambut di sini,” ujarnya. Selain berniat potong rambut, ia dan anaknya juga memanfaatkan momen ini untuk berbelanja keperluan menyambut Lebaran. Hal itu mengingat jarak kios pangkas rambut dengan tempat belanja yang tidak jauh, yaitu di Pasar Tengah (Jalan Asahan).

Sementara di tempat lain, Sabarudin, tukang pangkas rambut terlihat cekatan merapikan rambut pelanggannya, Dedi. "Harus teliti dan cepat motongnya mas. Soalnya masih ada tiga pelanggan yang sudah menunggu untuk dipotong rambutnya,"ungkap pria berkumis tersebut.

Untuk tarif pangkas rambut, Sabarudin mematok Rp 20 ribu untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak tarifnya Rp15 ribu. Ia tidak menampik bahwa menjelang Lebaran ini, omzetnya jauh meningkat dibanding hari biasa.

"Menjelang Lebaran banyak orang dewasa dan anak-anak yang ingin menyempurnakan penampilannya di Hari Raya Lebaran dengan potong rambut yang mereka inginkan,"tutupnya.*

Berita Terkait