Berkas Perkara Bansos Kalbar Diserahkan ke JPU

Berkas Perkara Bansos Kalbar Diserahkan ke JPU

  Rabu, 28 September 2016 19:55

Berita Terkait

PONTIANAK- Berkas perkara dugaan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) Kalimantan Barat yang melibatkan anggota DPR RI Zulfadli memasuki tahap penuntutan oleh Kejaksaan.

Berkas perkara berikut tersangka dan barang buktinya telah dilimpahkan sejak tanggal 22 September 2016 lalu.

"Saat ini berkas perkara dengan tersangka Zul sudah tahap dua, artinya berkas perkara, barang bukti dan tersangka telah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum," kata Kapolda Kalbar Irjen Musyafak.

Kasus Korupsi yang melibatkan Zulfadli adalah terkait masalah dana Bansos KONI Kalbar, dimana satu orang telah divonis, satu orang di SP3 karena meninggal dunia dan tidak menutup kemungkinan kasus ini, tidak akan berhenti sampai disini, tetapi tidak menutup kemungkinan akan bertambah.

Disinggung soal kerugian negara, menurut Musyafak mencapai 20 milyar, ditambahkan oleh Kapolda selama 2015 - 2016 ini pihak Polda telah menangani 51 kasus korupsi dengan rincian 18 kasus masih dalam proses Penyidikan, 22 kasus sudah Tahap satu, 1 kasus P21, serta 11 kasus Tahap dua dan 1 kasus di SP3 karena tersangkanya meninggal dunia.

Dengan diserahkannya berkas perkara, barang bukti dan tersangka Ir Zul, maka pihaknya tinggal menunggu pihak kejaksaan untuk memproses selanjutnya.

Sementara itu Wakil Ketua KPK Irjen Pol Basaria Panjaitan SH.MH memberikan Apresiasi kepada Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Musyafak MM, atas prestasinya menyelesaikan kasus Korupsi yang melibatkan Anggota DPR RI dari Komisi 10,  Zulfadli.(arf)

Berita Terkait