Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jemaah Haji

Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jemaah Haji

  Senin, 30 July 2018 10:11
Lepas keberangkatan: Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmadji saat melepas keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kalbar di Pendopo Gubenur Kalbar. Humas Pemprov

Berita Terkait

Penjabat Gubenur Kalimantan Barat Dodi Riyadmadji meminta ketua Regu dan ketua rombongan mengkoordinir calon jemaah haji. Bila ada permasalahan hendaknya dapat dikoordinasikan dengan TPHI dan TPHD. Begitu pula masalah-masalah yang menyangkut ibadah agar dikoordinasikan dan ditanyakan kepada TPIHI.

"Khusus kepada PPIHD, saya ingatkan untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon jemaah haji. Mulai di Asrama Haji Pontianak, pada saat pemberangkatan dan tiba di Embarkasi Batam, dalam batas-batas yang menjadi kewenangan PPIH," pinta Dodi saat melepas keberangkatan 445 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kalbar yang tergabung dalam Kelompok Terbang  (Kloter) 11. Kabupaten yang tergabung dalam kloter ini dari Kayong Utara, Sekadau dan Kubu Raya di Pendopo Gubenur Kalbar Sabtu (27/7).Tergabung juga dua calon jemaah haji Kapuas Hulu.

Ratusan jemaah ini terbang menuju Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.  Selanjutnya akan diterbangkan menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. "Tahun ini cukup besar yaitu sebanyak 2.527 orang yang berasal dari berbagai macam daerah dan latar belakang serta kondisi fisik yang berbeda bahkan beberapa diantaranya relatif berusia lanjut," ujar Dodi.

Dodi berharap penyelenggaraan pelaksanaan haji tahun ini dapat berjalan dengan aman, tertib. Penyelengggaraan ibadah haji merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun.  Dodi memastikan pemerintah senantiasa berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh calon jemaah haji. Mulai dari pemberangkatan di Pontianak, Embarkasi Haji Batam sampai ke Arab Saudi, dengan menempatkan petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), dengan para medis serta Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan dibantu para Ketua Rombongan serta Ketua Regu yang kesemuanya adalah untuk kelancaran dan kemudahan bagi para Jamaah.

"Saya sangat mengharapkan peran, tanggung jawab dan keikhlasan para petugas Haji yang telah ditunjuk, bahwa keberangkatan saudara-saudara adalah untuk bertugas. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab," pesan Dodi.  Begitu juga dengan calon jemaah haji, selama menunaikan rukun Islam kelima ini jemaah diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan mereka. 

Selain karena kondisi temperatur suhu yang berbeda dengan Indonesia, dengan menjaga kesehatan fisik calon jemaah haji tidak rentan terkena virus. Menjelang musim haji kekhawatiran meluasnya berbagai macam virus yang ditularkan oleh calon jemaah haji dari negara yang sedang menghadapi ancaman virus sehingga perlu diwaspadai. Untuk mengantisipasi penyebaran virus perlu dilakukan sosialisasi kepada para calon jemaah mengenai cara menjaga kesehatan dan mencegah penularan virus. 

"Pastinya untuk menjaga kesehatan, calon jemaah haji harus selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan buah-buahan yang mengandung vitamin. Perbanyak minum air putih sebagai upaya mengurangi dehidrasi," pesan Dodi. 

Dodi juga mengingatkan seluruh calon jemaah haji untuk selalu mengikuti arahan dari petugas haji khususnya para petugas tim kesehatan haji yang ditunjuk oleh pemerintah. (mse)

Berita Terkait