Berharap Pelaksanaan UNBK Semakin Berkualitas

Berharap Pelaksanaan UNBK Semakin Berkualitas

  Kamis, 25 April 2019 09:17
TINJAU: Sekda Singkawang Sumastro meninjau pelaksanaan UNBK SMP. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

Pelaksanaan UNBK Hari Ketiga di Lancar

SINGKAWANG--Pelaksanaan Hari ketiga Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di seluruh tingkat SMP/MTS di Kota Singkawang dinilai masih berjalan dengan aman dan lancar. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro usai memantau pelaksanaan UNBK di sejumlah SMP/MTs, Rabu (24/4). 

"Proses pelaksanaan UNBK di tingkat SMP/MTs berbasis komputer sampai saat ini masih berjalan dengan aman dan lancar. Saya berharap UNBK kali ini bisa memberikan raihan prestasi yang lebih baik dibanding tahun kemarin," kata Sumastro. 

Diapun menilai, jika penyelenggaraan UNBK tahun ini sangat tertib dan sudah sesuai dengan standar. "Mudah-mudahan Kota Singkawang bisa meningkatkan dari sisi kualitas maupun penyelenggaraan ujiannya," ujarnya. 

Harapan itu bukan hanya ditujukannya kepada siswa SMP/MTs saja, tapi juga kepada siswa SD yang saat ini sedang melaksanakan ujian sekolah. "Meskipun pelaksanaan ujian masih manual, tapi berdasarkan hasil pantauan saya tadi sudah terselenggara dengan baik," ungkapnya. 

Kedepan, akan pihaknya evaluasi secara detail dengan melibatkan kalangan pendidikan. Mengingat Singkawang menjadi salah satu barometer pendidikan di Kalbar.  "Sehingga kita tidak berharap terjadi penurunan tetapi harus ada peningkatan," jelasnya. Di kesempatan yang sama, Sekretaris Dewan Pendidikan Singkawang, Helmi Fauzi juga mengatakan, pelaksanaan UNBK pada umumnya sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan rencana. 

"Harapan saya kedepan, supaya kualitas dari pelaksanaan UNBK bisa ditingkatkan lagi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa khususnya di Singkawang," katanya.  Helmi juga menilai, pada dasarnya tidak ada kesan pemaksaan kepada siswa SMP/MTs untuk melaksanakan ujian dengan sistem komputer.  "Sebab ujian inikan merupakan rutinitas tahunan. Terlebih sebelum pelaksanaannya kita juga sudah menggelar pertemuan dengan orang tua siswa. Dalam pertemuan itu sudah dijelaskan, dimana semua kebijakan-kebijakan Dinas Pendidikan kita terus komunikasikan dengan orang tua siswa dan pada prinsipnya orang tua siswa juga memberikan respon yang sangat positip terhadap pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK)," ujarnya. (har)

Berita Terkait