Berharap Langkah Tepat

Berharap Langkah Tepat

  Kamis, 28 February 2019 10:14
Lewis Hamilton

Berita Terkait

Mercedes Ganti Paket Aerodinamis

 

BARCELONA - Mercedes mengambil mengambil langkah strategis di tes pramusim kedua Formula 1 yang berlangsung pekan ini. Pilihan tegas terlihat dengan mengganti paket aerodinamis. 

Kebijakan itu diharapkan bisa berdampak langsung pada laju mobil F1 W10 EQ Power+ tunggangan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Tim juara bertahan musim lalu, begitu percaya diri dengan pergantian sejumlah aspek aerodinamis yang mereka jalankan. amun, pada hari pertama, tes kedua (26/2), Hamilton dan Bottas masih tercecer di urutan belakang pembalap. Hamilton yang melahap 83 lap di sesi siang mencatatkan waktu tercepatnya dengan 1 menit, 20,332 detik di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo. 

Juara bertahan tersebut hanya mampu bertengger satu setrip di atas Nico Hulkenberg (Renault) yang mengaspal dengan waktu paling lambat, dari 13 pembalap yang mengambil kesempatan tes. Sedangkan Bottas hanya 0,165 detik lebih baik dari Hamilton. 

Perubahan di W10 terlihat jelas di sejumlah aspek. Seperti nose dan front wing, sidepods hingga rear end. Mercedes sejatinya menunda pengenalan awal paket aerodinamis tersebut yang sejatinya bakal digunakan di Grand Prix Australia Maret mendatang.

"Itu merupakan peningkatan ketimbang pekan lalu, ini langkap tepat," kata Hamilton dikutip Crash. Penggunaan ban saat ini juga berjalan lebih baik dengan suhu lintasan yang lebih panas.

"Kami harus terus mendorong untuk menganalisis semuanya," sebut pembalap berusia 34 tahun tersebut. Di sisi lain, Bottas harus keluar lintasan lebih awal karena masalah tekanan oli saat sesi setelah makan siang. 

Alhasil, Bottas hanya menyelesaikan enam lap setelah menunggu proses pergantian power unit. "Kesempatan saya memang terbatas, tetapi sepertinya kami telah melakukan peningkatan," ucap pembalap Finlandia tersebut. 

Hasilnya, Bottas memacu mobilnya dengan waktu terbaik 1 menit, 18,941 detik. Pada sesi siang, tes kedua pramusim tadi malam, dia bertengger di peringkat lima tercepat, terpaut 1,797 detik lebih lambat dari Carlos Sainz Jr (McLaren). (nap)

Berita Terkait