Berharap Ada Pendonor Sukarela dan Terjadwal

Berharap Ada Pendonor Sukarela dan Terjadwal

  Sabtu, 24 September 2016 10:09
LANGSUNG: Ketua PMI, Hj Erlina Ria Norsan menyaksikan langsung para pendonor dalam aksi sosial donor darah missal.

Berita Terkait

Memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mempawah melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya aksi sosial donor darah massal, Jumat (23/9) di Aula Kantor Bupati Mempawah.

 
 

Wahyu Izmir, MEMPAWAH

 

BERSYUKUR, dalam dalam aksi itu PMI berhasil mengumpulkan 26 kantong darah.

“Mungkin melalui setetes darah inilah para pendonor dapat menolong hidup saudara-saudara kita yang memerlukannya,” ucap Ketua PMI Kabupaten Mempawah, Hj Erlina Ria Norsan memotivasi pendonor.

Istri Bupati Mempawah itu menjelaskan, donor darah merupakan kerja kemanusiaan. Maka diperlukan keikhlasan dan komitmen yang kuat untuk melaksanakan tupoksi PMI. Untuk itu, dirinya senantiasa mengharapkan dukungan dan kerjasama semua pihak dalam menjalankan tupoksi PMI.

“Saya berharap seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah baik itu PNS, TNI, Polri maupun pelajar dan masyarakat umum lainnya agar dapat menjadi pendonor darah secara sukarela dan terjadwal. Sehingga ketersediaan stok darah di markas PMI dan UTDC selalu tersedia manakala diperlukan masyarakat,” harapnya.

Kepala Markas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Mempawah, Masmudi menerangkan, aksi sosial donor darah massal yang berlangsung selama tiga jam itu diikuti sejumlah elemen masyarakat. Mulai dari jajaran PNS, pelajar, pemuda, aktivis lingkungan dan pihak-pihak lainnya.

“Aksi ini bertujuan untuk mengantisipasi kurangnya ketersediaan stok darah yang dimiliki PMI. Alhamdulillah, berkat donor darah massal HUT ke-71 PMI ini kita berhasil menambah pasokan darah di PMI. Total ada 26 kantong darah yang didominasi golongan B dan O,” ungkap Masmudi.

Terkait upaya memenuhi ketersediaan stok darah di PMI Mempawah, Masmudi mengaku pihaknya terus menggencarkan sosialisasi ke masyarakat agar mau menjadi pendonor darah sukarela. Bahkan setiap tiga bulan sekali PMI Mempawah melakukan aksi donor darah bergiliran dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya.

“Intinya PMI Mempawah jangan sampai kekurangan pasokan darah. Jadi jika suatu waktu ada masyarakat maupun rumah sakit memerlukan darah dengan berbagai golongan, maka kita dapat memenuhinya,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala UTD PMI Kabupaten Mempawah, dr Rusdianto, mengatakan, ketersediaan pasokan darah di PMI Mempawah selain dari pendonor darah sukarela, juga didapat dari pendonor darah pengganti.

“Untuk pendonor sukarela ini, kita mengharapkan partisipasi aktif mereka membantu PMI. Sebab donor darah selain bagus untuk kesehatan juga bisa membantu sesama,” singkatnya.

Pelaksanaan donor darah massal ini turut disaksikan Ketua PMI Kabupaten Mempawah, Hj Erlina Ria Norsan, SH, MH, Sekda Kabupaten Mempawah, Drs. H. Mochrizal. Selain orang dewasa, pendonor darah juga datang dari kalangan pelajar.

Selain donor, peringatan HUT ke-71 PMI juga diisi dengan jalan sehat yang dilaksanakan hari Minggu (25/9) di halaman Kantor Bupati Mempawah. Jalan sehat ini menyediakan banyak hadiah menarik diantaranya tiga unit motor. (*)

Berita Terkait