Berdesak-desakan di Liburan Usai Pemilu

Berdesak-desakan di Liburan Usai Pemilu

  Selasa, 23 April 2019 11:13
MEMBELUDAK: Kepadatan penumpang yang terpantau usai libur Pemilu 2019 di Pelabuhan Teluk Batang, Sabtu (21/4). DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Usai Pemilu 2019, sejumlah penumpang memadati Pelabuhan Teluk Batang, Sabtu (21/4). Penumpang kebanyakan memilih menggunakan kapal klotok menuju Kota Pontianak. Sebelum tiba di Pontianak, para penumbang terlebih dahulu tiba di Pelabuhan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

Pantauan Pontianak Post, ratusan penumpang rela berdesak-desakan mengatre untuk mendapatkan tiket. Para penumpang dimulai dari mahasiswa, hingga pekerja yang akan melanjutkan aktivitasnya usai libur panjang.

Budi, salah satu penumpang mengaku, untuk kapal motor yang akan digunakannya kembali ke Kota Pontianak ini sudah cukup penuh. Kondisi ini membuat dirinya dan rekan-rekan lainnya harus bersabar, walau dengan kodisi sedikit berdesak-desakan. “Mau tidak maulah, apa lagi besok sudah masuk,” katanya.

Hal ini, diakui dia, sudah biasa terjadi, apa lagi nanti mendekati lebaran. Belum lagi, biasanya, kata dia, para pengusaha kapal motor juga menambah armada kapalnya. Ia beralasan lebih memilih menggunakan klotok lantaran harga tiket terbilang murah dan cukup terjangkau. “Lumayan murah, ya sebanding lah. Dari pada kita lewat darat kan lebih boros,” ungkapnya.

Dikatakan dia, walau terbilang laris, pihak terkait diharapkan dapat selalu mengontrol muatan kapal. Harapan dia, semua kapal yang membawa muatan penumpang tidak seenaknya dalam berlayar. “Kalau memang sudah penuh, sebaiknya tidak lagi membawa penumpang. Karena itu sangat berbahaya,” sarannya.

Ia pun berpesan kepada pemilik kapal tersebut dapat meningkatkan pelayanan dari segi keamananya. Salah satunya, diusulkan dia, dengan melengkapi pelampung di sekitar penumpang. Karena jika terjadi sesuatu, harapan dia, para penumpang dapat bertindak cepat. “Kepada pemilik kapal juga saya berharap dapat meningkatkan segi keamananya,” pesannya. (dan)

Berita Terkait