Berbekal Spirit Ronaldo dan Tas Emas

Berbekal Spirit Ronaldo dan Tas Emas

  Selasa, 12 June 2018 10:00
Datang: Rombongan Timnas Brazil saat baru datang di Sochi International Airport Rusia siap untuk mengikuti Piala Dunia 2018.Para pemain diabadikan saat baru turun dari pesawat. REUTERS/Yevgeny Reutov

Berita Terkait

SOCHI - Brasil mendarat di Rusia kemarin dengan spirit berlipat. Salah satu pemicunya adalah kondisi sang superstar Neymar yang terus membaik. Hal tersebut berbanding lurus dengan performa tim samba yang tidak terkalahkan dalam dua ujicoba terakhir pasca kembalinya striker PSG itu dari cedera retak metatarsal sejak Februari.

Yang terbaru adalah kemenangan tiga gol tanpa balas saat menang dari Austria (10/6). Pada laga yang dihelat di Ernst-Hapel Stadium itu, striker 26 tahun tersebut jadi starter dan mencetak satu gol pada menit ke-63. Dua gol lainnya disumbang Gabriel Jesus (36') dan Philippe Coutinho (69'). Kemenangan atas Austria juga menjadikan Brasil selalu menang sepanjang 2018 sebelum terbang ke Rusia dari empat ujicoba. 

Gol tersebut adalah yang kedua dalam dua laga sejak comeback pasca cedera kala menjadi pengganti di babak kedua melawan Kroasia (3/6). Pada laga yang digeber di Anfield itu, Neymar juga mencetak gol di menit ke-69'. Rinciannya, Neymar tampil dalam 129 menit di dua laga tersebut dengan 45 menit melawan Kroasia dan 84 menit kontra Austria. 

Artinya, kondisi Neymar sudah prima meski pada laga melawan Austria dia digantikan Douglas Costa pada menit ke-84 karena cedera akibat permainan keras tim polesan Franco Foda. Meski minor, pelatih Tite memilih tidak mengambil risiko dengan mengganti Neymar.

''Saya tidak tahu batas (kemampuan, Red) Neymar. Kapasitas teknik dan kreativitasnya luar biasa dan saat andai memasukannya di 30 menit terakhir, maka dia bisa mengubah pertandingan,'' kata Tite kepada ESPN. ''Jika (Austria) membuka pertahanan mereka, lakukanlah (cetak gol, Red), itu saya katakan kepadanya saat jeda," kata Tite. "Pada akhirnya, saya rasa dia terlibat terlalu banyak pada laga tersebut. Itulah yang membuat saya menggantinya,'' sambung pelatih 57 tahun tersebut. 

Gol ke gawang Austria juga membuatnya menyamai torehan gol striker legendaris Brasil Romario dengan 55 gol. Kini, Neymar berada di tiga besar daftar top scorer sepanjang masa juara Piala Dunia lima kali tersebut di bawah Ronaldo (62) dan Pele (77). 

Performa dahsyat itulah yang membuat Neymar terlihat semringah ketika mendarat di Sochi bersama Brasil beberapa jam dari laga melawan Austria. Senyumnya merekah seolah cedera yang membuatnya absen selama hampir empat bulan tidak pernah terjadi. Sangat mungkin Neymar bisa jadi starter saat Brasil melawan Swis di laga pertama grup E (18/6). 

Dan, eks bomber Barcelona dan Santos itu juga tampil sedikit berbeda dari rekan setim lainnya. Bila kebanyakan membawa tas atau koper dengan warna gelap, Neymar justru mengemas beberapa barang pentingnya di ransel berwarna emas. Ranksel tersebut belakangan bermerek Nordstrom Rack yang harganya GBP 700 (sekitar Rp 13 juta).

Semakin istimewa karena di bagian depan tas tersebut terdapat siluet empat orang penting Neymar. Mereka adalah ayah Neymar Santos Sr, ibu Nadine Santos, saudara perempuannya Rafaella Santos, dan sang anak David Lucca da Silva Santos. "Anda harus percaya bahwa bisa mewujudkan mimpi. Dan, bermimpi tidak dilarang,'' ucap Neymar. (io)
 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait