Berawal dari Bimbingan Haji, Travel Umrah Hingga Wisata Halal

Berawal dari Bimbingan Haji, Travel Umrah Hingga Wisata Halal

  Rabu, 6 February 2019 11:19
UMRAH : Penerima hadiah umrah dari PT Muzdalifah foto bersama Ahmad Kholil dan Mi’rad Kabid PHU Kanwil Kemenag Kalbar. HARYADI/ PONTIANAK POST

Berita Terkait

Rekam Jejak  PT Muzdalifah Travel & Tour yang Terpercaya

PT Muzdalifah merupakan travel umrah dan wisata halal berizin yang berkantor pusat di Pontianak dan terintegrasi dengan Sipatuh (sistem informasi pengawasan terpadu umrah dan haji) Kementerian Agama. Rekam jejak biro perjalanan yang dipimpin Ahmad Kholil ini sangat terpercaya. Buktinya, ada ribuan jemaah yang diberangkatkan setiap tahun. 

MARSITA RIANDINI, Pontianak 

PEMBUKAAN manasik haji dan umrah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arafah, NU dan PT Muzdalifah, Selasa (5/2) dihadiri ratusan jemaah. Acara yang sarat dengan pemahaman dalam beribadah haji dan umrah ini juga diisi dengan pemberian hadiah umrah dari PT Muzdalifah, Bank Kalbar, dan Pontianak Post.  

Syawal Bondoreso, Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial dan Sumber Daya Manusia, tak meragukan kiprah Ahmad Kholil dalam melayani jemaah. Secara pribadi, Syawal mengenal Kholil sejak 1997. Saat itu, Kholil ikut membantu pemerintah di musim haji. “Saya kenal tahun1997. Beliau belum balik ke Kalbar. Saya naik haji saat itu. Kiprah beliau dari nol ya, melayani jemaah orang per orang sampai menguasai medan baru mendirikan perusahaan,” ujarnya. 

Syawal juga memberikan apresiasi atas kerjasama yang dijalin PT Muzdalifah dengan Bank Kalbar dan Harian Pontianak Post. Menurutnya, upaya membangun sumber daya manusia tentu tidak bisa dilakukan sendiri, termasuk dari sisi spiritual. Karena itu, integrasi atau kerjasama dengan banyak pihak sangat diperlukan. 

“Saya menyambut baik kerjasama ini. Tidak hanya dengan bank daerah tetapi juga bank nasional. Ini sinergi dalam membangun sumber daya manusia. Termasuk juga kerjasama dengan media cetak Pontianak Post ini,” ulasnya. 

Direktur Utama Bank Kalbar, Samsir Ismail turut hadir dalam acara ini dan menyerahkan langsung hadiah umrah secara simbolis kepada 12 nasabah yang beruntung. Hadiah ini sebagai bentuk penghargaan Bank Kalbar kepada nasabah. Samsir mengatakan, PT Muzdalifah terpilih sebagai travel yang berhak memberangkatkan 12 jemaah ini. 

Ahmad Kholil sudah berpengalaman dalam dunia umrah dan haji. Lama tinggal di Arab Saudi, dan pernah membantu pemerintah ketika musim haji. Ia pulang ke tanah air di tahun 1992. Pada tahun 2003, Kholil mulai mendirikan KBIH Arafah. “Sebagai penyelenggara, kami adalah mitra dari kementerian agama. Apapun yang ditugaskan harus kami jalankan. Ini sudah belasan tahun kami menjalankannya,” kata Kholil. 

Ia mendirikan PT Muzdalifah dengan maksud melayani jemaah umrah yang saat itu mulai antusias karena antrean haji yang begitu panjang. “Saya beri nama Muzdalifah karena ketika di Arab Saudi dulu saya ditugaskan di Muzdalifah. Muzdalifah berarti berdesak-desakan. Alhamdulillah jemaah yang mendaftar beberapa tahun terakhir ini juga ramai, sesuai namanya,” ujar Direktur Utama PT Muzdalifah itu.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD AMPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia) Kalbar ini terus menyediakan ragam paket umrah yang dibutuhkan masyarakat. Bahkan, kini pihaknya juga melebarkan sayap dengan mulai melayani wisata halal, termasuk ke Eropa bersama koperasi (AMPHURI). “Setiap tahunnya untuk wilayah Kalbar saja, kami memberangkatkan antara seribu hingga seribu seratus jemaah. Sedangkan saat ini kami memiliki cabang di enam provinsi,” ulasnya. 

Maret mendatang akan menjadi rombongan umrah terbesar di tahun 2019. Ratusan jemaah siap diberangkatkan. “Ada yang menggunakan Garuda Indonesia dan Saudia Arabia Airlines langsung ke Madinah. Intinya kami ingin memberikan layanan  yang memuaskan bagi jemaah. Tentunya sesuai dengan paket pilihan,” paparnya. 

PT Muzdalifah Travel & Tour sekaligus Sekretariat DPD AMPHURI Kalbar berlamat di Jalan RE Martadinata, No. 391, Sungai Jawi Luar, Pontianak Barat, telepon (0561) 780707, atau 0812-574-1668. Trisno 0 852 -5242-4216.*

Berita Terkait