Bentuk Tim Pengawasan

Bentuk Tim Pengawasan

  Selasa, 29 March 2016 10:01
Hadi Pranata

Berita Terkait

KABUPATEN Kapuas Hulu masih menghadapi masalah serius dalam hal pendataan aset-aset daerah di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Untuk mengamankan aset-aset daerah, pemerintah daerah mesti mengambil langkah strategis, dengan membentuk tim pengawasan aset. Dibentuknya tim pengawasan diharapkan bisa mengamankan aset-aset daerah ini. 

Gagasan dibentuknya tim pengawasan aset tersebut disampaikan kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kapuas Hulu, Hadi Pranata. Menurut dia, Pemkab Kapuas Hulu perlu mengabil langkah cepat untuk mengamankan aset-aset yang sudah dibangun. Agar lebih intensif dalam penjagaan aset, dia menyarankan, perlu dibentuk tim pengawasan, yang melibatkan seluruh SKPD di lingkungan Pemkab.

“Bicara pengamanan aset, itu butuh meknisme yang tepat. Saran saya lebih baik dibentuk tim," tutur pria yang keseharian disapa Aan ini, Senin (28/3). Dengan terbentuk tim, dia juga tak memungkiri, ada penganggaran khusus untuk penjagaan aset tersebut. Namun, dia menambahkan, anggarannya bisa saja melekat di Satpol PP atau di SKPD lain. “Tidak dipungkiri kami membutuhkan dana untuk mereka yang menjaga aset daerah tersebut,” ungkapnya.

Selama ini, kata Aan satuannya sudah melakukan pengawasan pada sejumlah aset pemerintah yang ada di Kota Putussibau. Pengawasan tersebut, menurut dia, melalui patroli rutin. “Pengawasan selalu dilakukan, tapi sebatas monitor, tidak standby,” jelasnya.

Diakui dia, belum ada SKPD teknis berkoordinasi pada pihaknya, untuk melakukan pengawasan aset daerah, baik aset pemerintahan di Pala Pulau atau Pasar Kedamin Indah. Ditegaskannya, terkait pengerusakan aset, SKPD yang mengelolanya harus berkoordinasi dengan mereka. Pasalnya mereka diminta mengenai tenaga keamanan. Tapi, dia menambahkan, sebelumnya harus diinventarisir terlebih dahulu aset yang mana saja. "Pol PP tetap mendukung penjagaan aset, prinsipnya siap, asal koordinasi," timpalnya. (aan)

Berita Terkait