Baznas Salurkan Bantuan Miskin Produktif

Baznas Salurkan Bantuan Miskin Produktif

  Rabu, 3 April 2019 09:42
BANTUAN PRODUKTIF: Ketua Baznas, Kasiman didampingi Kakan Kemenag, Kamaluddin menyerahkan bantuan. WAHYU JARTHAKUSUMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Sasar 25 Mustahik di Mempawah

MEMPAWAH - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mempawah terus membuktikan eksistensinya menyalurkan paket bantuan bagi para mustahik. Kali ini bantuan yang disalurkan berupa paket miskin produktif. Bantuan diserahkan langsung Ketua Baznas, H. Kasiman kepada 25 orang penerima, Selasa (2/4) di Sekretariat Baznas, Komplek Masjid Agung Al Falah Mempawah.

Kasiman menjelaskan, penyaluran bantuan miskin produktif tersebut merupakan program Baznas Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2019. Bantuan miskin produktif itu tidak disalurkan dalam bentuk uang tunai, bahan makanan atau sembako. Melainkan, peralatan yang dapat mendukung usaha produktif yang akan dijalankan penerima bantuan.

“Bentuk peralatannya beragam, ada alat pembuat kue, alat menjahit, alat pertukangan dan lain sebagainya. Penerima bantuan untuk hari ini (kemarin, red), baru datang 14 orang. Sisanya mungkin dalam beberapa hari kedepan,” tutur Kasiman.

Kasiman menyebut, sebagai mitra pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan maka Baznas berkomitmen membantu mustahik meningkatkan perekonomiannya. Karenanya, pihaknya terus mendukung berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat seperti bantuan produktif tersebut, sehingga para mustahik ini nanti dapat meningkatkan perekonomiannya.

“Kita juga berharap dengan meningkatkan perekonomian yang menerima zakat itu, pada nantinya mereka akan menjadi muzakki atau orang yang membayar infak dan zakat. Inilah tujuan utama dari bantuan kami ini,” ujarnya. 

Ke depan, dia berharap, program bantuan tersebut dapat terus meningkat baik dari sisi jumlah maupun penerimanya. Karena program kemanusiaan ini hadir dan dilaksanakan Baznas Mempawah tak lain untuk meringankan beban hidup masyarakat terutama mereka yang masuk dalam 8 asnaf penerima zakat atau mustahik.

“Kami tak henti-hentinya mengajak para muzaki atau orang yang wajib membayar zakat untuk tak ragu menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Mempawah. Nanti zakat yang masuk itu akan kami kelola dan disalurkan sesuai peruntukkannya, yaitu 8 asnaf penerima zakat di daerah ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, H.Kamaluddin memberikan apresiasi dan dukungan terhadap realisasi program-program Baznas Mempawah. Ia menilai bantuan yang disalurkan itu akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para muzakki.

“Kami juga mendorong dan mengimbau kepada masyarakat, terutama muzakki untuk menyalurkan zakat dan infaknya melalui Baznas atau UPZ yanf sudah dibentuk. Jangan ragu karena Baznas merupakan lembaga resmi yang dibentuk negara dan diamanahkan undang-undang mengumpulkan dan mengelola dana umat,” tegasnya.

Selain penyaluran paket bantuan produktif, Baznas juga menyalurkan bantuan pendidikan dalam bentuk beasiswa, bantuan dakwah advokasi bagi guru ngaji, serta bantuan modal usaha. Bantuan dari Baznas Provinsi Kalbar untuk Kabupaten Mempawah ini diterima 22 orang pelajar, guru ngaji dan warga tak mampu ingin menjalankan usaha tapi terkendala modal. (wah)

Berita Terkait