Baru Satu Parpol Mendaftar

Baru Satu Parpol Mendaftar

  Selasa, 10 July 2018 10:00
SIAPKAN TEMPAT: KPU siapkan tempat untuk menerima parpol dan bacaleg yang mendaftar. Meski demikian, hingga dihari keenam baru satu parpol datangi KPU untuk mendaftar. OZY/Pontianak Post

Berita Terkait

SAMBAS – Hingga hari ke enam pendaftaran bakal Calon legislatif, Senin (9/7). KPU Kabupaten Sambas, baru menerima satu berkas dari partai politik. Hal tersebut disampaikan Anggota KPU Sambas, Wahdi Kuspian ST. “Baru satu partai politik yang melakukan pendaftaran bakal calegnya ke KPU, yakni Partai Perindo,” kata Wahdi, Senin (9/7), yang saat ini diamanatkan menjabat Plh lantaran Ketua KPU Sambas sedang ada urusan dinas di luar Sambas didampingi anggota KPU, Martono.

Menurutnya, meski Perindo sudah dinyatakan mendaftar. Namun sejumlah berkas masih harus dilengkapi hingga masa pendaftaran berakhir yakni 17 Juli 2018 pukul 00.00 WIB. “Ada sejumlah berkas yang harus diperbaiki, misalnya SK kepengurusan partai, kemudian individu bakal caleg yang diajukan juga masih belum memenuhi persyaratan administrasi. Intinya sejumlah persyaratan administrasi sesuai dengan Pasal 8 PKPU Nomor 20 Tahun 2018, sehingga harus ada perbaikan yang dilakukan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wahdi berharap partai politik peserta pemilu. Tak mendaftar di waktu mendekati penutupan pendaftaran. Lantaran, jika mepet waktunya dikhawatirkan sejumlah administrasi bisa saja kurang, sehingga masih ada waktu untuk parpol yang bersangkutan melengkapinya.

“Parpol yang mendaftar awal, akan diuntungkan sebenarnya. Lantaran jika saat pendaftaran ke KPU, ternyata ada kekurangan, masih ada waktu untuk melengkapinya. Terlebih, sesuai aturan pendaftaran tak boleh dilaksanakan lebih dari satu kali,” katanya. Terpenting saat mendaftar, sebut Wahdi, penuhi empat hal. Yakni lembar B yakni surat pencalonan, B1 yakni daftar bakal calon di setiap dapil, B2 yang merupakan surat pernyataan partai politik bahwa parpol sudah melakukan seleksi intern untuk bakal calonnya masing-masing, kemudian B3 yakni pakta integritas bahwa parpol tak memasukkan bakal caleg yang terlibat dalam kasus pelecehan seksual, korupsi dan narkoba.

“Begitu juga salinan keputusan partai terkait surat keputusan. Inilah juga bagian administrasi yang penting,” katanya. Sementara itu, Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadiprabowo SH SIK melalui Kabagops, Kompol Ayin Nurrohman menyebutkan memasuki masa pendaftaran bacaleg. Pihak kepolisian melakukan pengamanan dilakukan di Kantor KPU Sambas.

“Sebenarnya kalau pengamanan, sudah ada sejak tahapan-tahapan sebelumnya termasuk ketika Pilgub kemarin. Dan sekarang memasuki masa pendaftaran bacaleg, personil yang sudah melekat di KPU, berjumlah 17 orang, juga melaksanakan tugasnya,” kata Kabagops Polres Sambas, Kompol Ayin. Pihaknya berharap, pada masa pendaftaran pelaksanaan berjalan dengan baik dan aman. Meski demikian, sebagai pihak keamanan, upaya penjagaan tetap dilakukan. “Tapi sampai saat ini memang masih aman terkendali,” katanya.(fah)

Berita Terkait