Bantuan Rutin Ai Xin untuk Lansia

Bantuan Rutin Ai Xin untuk Lansia

  Jumat, 20 July 2018 10:00
TERIMA: Salah satu lansia menerima bantuan rutin dari Ai Xin.

Berita Terkait

WADAH Himpun Kasih Ai Xin terus menunjukkan kepeduliannya kepada sesama. Membantu masyarakat miskin yang membutuhkan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi komunitas sosial ini. Ai Xin bergerak cepat untuk membantu, bahkan sering terjun langsung membagikannya kepada masyarakat. Tak jarang pula, bantuan ditambah ketika melihat kondisi di lapangan yang begitu memprihatinkan. 

Memiliki motto berbagi kasih tiada batas, Ai Xin tak membedakan suku dan agama. Siapa pun dibantu, sesuai dengan kemampuan dari lembaga sosial ini. Tak hanya untuk orang sakit, musibah tak terduga, Ai Xin juga rutin membantu delapan orang lanjut usia setiap bulannya. Bantuan bulanan itu diharapkan dapat membantu meringankan biaya hidup para lansia ini. 

Kondisi delapan lansia ini berbeda-beda. Ada yang dalam kondisi  tua renta tak mampu bekerja, ada pula yang mengalami sakit keras. “Semua lansia ini telah menjadi penerima bantuan bulanan tetap sejak empat tahun lalu,” ujar Nio Ui Khiang, Ketua Umum Ai Xin.

Belum lama ini, Ai Xin membagikan bantuan bulanan kepada Mbok Kemong. Warga Siantan yang berusia 87 tahun mengalami sakit keras. Bantuan itu pun diterima oleh keponakan Mbok Kemong. “Kondisinya memprihatinkan. Kami doakan semoga kesehatannya kembali pulih,” ujar Frendys Lu, Sekretaris Umum Ai Xin. 

Masing-masing lansia mendapatkan bantuan per bulannya sebesar Rp600 ribu. Bantuan diantar langsung oleh tim sosial setiap pertengahan bulan, langsung ke alamat lansia. Bantuan tetap ini diberikan berdasarkan pertimbangan lansia ini ada yang tidak memiliki sanak keluarga, tidak mampu lagi bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, bahkan sakit-sakitan.

“Kami kunjungi setiap bulan ke tempat tinggal mereka. Sambil memantau kesehatan mereka, saat berkunjung banyak pula anggota kita yang menitip keperluan sehari-hari untuk lansia tersebut,” jelasnya. 

Wadah Himpun Kasih Ai Xin berharap, kiprahnya dalam membantu masyarakat bisa bertambah luas. Dia juga menyampaikan  bahwa Ai Xin bukanlah cahaya terang benderang yang mampu memberikan gemerlap kehidupan. Tetapi Ai Xin hanyalah sinar kecil yang hadir di tengah kegelapan. Berharap, sinar itu mampu memberikan setitik cahaya kasih dalam kehidupan. Semua dana bantuan ini berasal dari iuran sosial yang terhimpun dari seluruh anggota dan sumbangan sosial parah donatur . Prinsip distribusi bantuannya pun  secara langsung, benar, jelas, selektif, dan terbuka. (mrd)

Berita Terkait