Bank Pasar Pontianak Sediakan Dana Talangan Haji

Bank Pasar Pontianak Sediakan Dana Talangan Haji

  Rabu, 20 March 2019 09:53
FOTO BERSAMA: Wakil Wali Kota Pontianak, pejabat Bank Pasar Kota Pontianak, serta Bank Sinarmas Syariah, foto bersama usaai kegiatan penandatanganan PKS, Senin (18/3). SITI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK-BPR Bank Pasar Kota Pontianak menjalin kerjasama dengan Bank Sinarmas Syariah untuk Produk Talangan Haji. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan pada Senin (18/3). Direktur Utama Bank Pasar Kota Pontianak Agus Subardi mengatakan kerja sama tersebut dalam hal marketing. 

“Pada intinya kerja sama ini adalah marketing bersama. Kita menjadi mitra untuk mencari nasabah yang ingin memanfaatkan produk talangan haji ini,” ungkap Agus.

Menurut Agus, ada dua pangsa pasar yang potensial yang dapat memanfaatkan produk talangan haji ini, yakni ASN Pemkot Pontianak dan para pedagang pasar pasar yang potensial. Hadirnya produk ini, menurutnya akan menjadi pembeda antara BPR Bank Pasar Kota Pontianak dengan BPR lainnya. Ia pun berharap, dengan adanya kerjasama ini, akan ada peningkatan omset.

“Kita berharap dari kerja sama ini akan ada pertumbuhan kredit Bank Pasar Pontianak, sehingga akan meningkatkan omset kami,” tandasnya.

Pimpinan Wilayah Timur Bank Sinarmas Syariah, Santi menilai, BPR Bank Pasar Kota Pontianak sebagai mitra yang paling potensial untuk perluasan jaringan, terutama dalam hal menjaring nasabah yang ingin mendaftar haji. Tahun ini, di Kota Pontianak pihaknya menargetkan ada 500 orang yang mendaftar haji melalui Bank Sinarmas Syariah.

“Untuk mencapai 500 orang itu, Bank Sinarmas Syariah bekerja sama dengan pihak ketiga dalam penyediaan fasilitas terkait dana talang haji. Kami melihat, Bank Pasar Kota Pontianak sangat potensial karena memiliki pangsa pasar yang cukup besar,” tuturnya.

Santi menambahkan, strategi untuk menggandeng BPR sebagai pihak ketiga dalam hal dana talangan haji, merupakan strategi yang diterapkan secara nasional. Di samping itu, pihaknya juga menggandeng koperasi, maupun perusahaan-perusahaan.

Wakil Walikota Pontianak, Bahasan, mendukung penuh adanya kerjasama tersebut. Dia berharap kerjasama tersebut dapat memberikan kemajuan bagi bank milik Pemkot Pontianak itu. Dia pun menyarankan, agar ASN maupun nasabah Bank Pasar Kota Pontianak dapat memanfaatkan dana talangan haji tersebut. 

“Dari segi bisnis harus kita dorong ASN (manfaatkan dana talangan haji), karena ini mendorong kemajuan Bank Pasar,” jelas dia.

Sementara itu, Dewan Pengawas Bank Pasar Kota Pontianak, Muhammad Fahmi menilai, menjalankan bisnis perbankan saat ini dapat dilakukan secara kolaborasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh BPR Bank Pasar Kota Pontianak dan Bank Sinarmas Syariah yang menyepakati kerjasama produk dana talangan haji. 

“Kita punya lebih dari enam ribu ASN, ditambah lagi jumlah pelaku UMKM, ini pangsa pasar yang besar,” kata dia. (sti)

Berita Terkait