Bank Mulai Buka Selasa Ini, Operasional dan Pelayanan Masih Terbatas

Bank Mulai Buka Selasa Ini, Operasional dan Pelayanan Masih Terbatas

  Senin, 18 June 2018 20:12

Berita Terkait

PONTIANAK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan bahwa perbankan membuka transaksi kliring mulai hari ini (19/6). Selain itu, operasional dan pelayanan perbankan juga akan buka pada Selasa ini. Hanya saja, sebagian besar bank akan membuka pelayanan secara terbatas. “Namun pada tanggal 19-20 Juni pelayanan bank masih terbatas juga,” ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan Perwakilan Kalbar Riezky M Purnomo kepada Pontianak Post.

Namun pada tanggal 21 Juni, seluruh operasional dan pelayanan perbankan akan buka sepenuhnya. Hal ini juga berlaku untuk Kantor OJK Perwakilan Provinsi Kalbar. Jadwal serupa juga diikuti oleh Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalbar. “BI akan mulai masuk pada 19 Juni. Tetapi masih dalam pelayanan terbatas hingga 20 Juni,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Wilayah BI Kalbar Prijono.

Menurut dia, pelayanan perbankan sendiri tidak benar-benar tutup selama libur panjang Idulfitri berlangsung. Sejumlah bank telah menetapkan jadwal piket guna melakukan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan untuk layanan nontunai seperti e-banking, sms banking dan mobile banking tetap aktif 24 jam sehari selama sepekan penuh. Sedangkan pelayanan dan pasokan  uang tunai di ATM dijaga oleh perbankan masing-masing. 

Demi pemenuhan kebutuhan uang tunai tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat telah menyediakan tambahan dana sebanyak Rp 3,2 triliun. Persediaan ini dinilai sangat mencukupi dalam memenuhi proyeksi kebutuhan uang periode Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, baik dari sisi jumlah total maupun jumlah per pecahan.  Menurut dia, tingkat penggunaan masyarakat pada bulan Ramadhan dan Idulfitri akan tinggi, lantaran pada masa tersebut, kebutuhan rumah tangga akan lebih banyak dari pada bulan-bulan biasanya. 

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Kalbar, Samsir Ismail mengatakan, BI dan OJK sudah memang mengeluarkan jadwal libur.  Namun sebagian perbankan masih ada yang memilih untuk tetap buka dengan titik kantor dan jangkauan terbatas. “Ada sebagia bank yang tetap buka untuk melayani nasabah, terutama di pusat-pusat keramaian. Sepert Bank Kalbar dan Bank Mandiri yang tetap buka untuk kantor unit di Ayani Megamal. Tetapi khusus untuk libur kliring selama lima hari di sekitar Idulftri, kita libur total. Karena kliring juga libur,” ungkap orang yang juga Direktur Utama Bank Kalbar ini.

Lagi pula, lanjutnya, berdasarkan catatan historis setiap bank. Transaksi pada hari raya Idulfitri justru menurun. Begitu pula transaksi antar-masyarakat pada hari raya. “Biasanya transaksi meningkat itu beberapa hari menjelang Idulfitri, karena kebutuhan masyarakat berbelanja. Sedangkan pada hari raya-nya, menurun. Ini karena kantor-kantor pelayanan dan pusat perbelanjaan juga libur,” tutup dia. (ars)

Berita Terkait