Banjir Ancam Sanggau

Banjir Ancam Sanggau

  Rabu, 14 March 2018 11:00
TERGENANG: Sebuah gereja di kabupaten Sanggau yang sempat tergenang akibat curah hujan tinggi. Kota Sanggau pun terancam banjir, jika hujan terus mengguyur. SUGENG/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Intensitas Hujan Tinggi

SANGGAU – Sejumlah lokasi di Kabupaten Sanggau sudah tergenang banjir akibat intensitas curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari belakangan. Pantauan harian ini Selasa (13/3) kemarin di Kapuas dan Parindu terdapat sejumlah tempat yang tergenang hingga mendekati setinggi lantai rumah warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau menyatakan telah siap melaksanakan penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Masyarakat juga diminta untuk tidak enggan menghubungi petugas bila terjadi peristiwa yang dapat menyebabkan bencana alam.

Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Vicky L. Putra menyatakan pihaknya telah siap melakukan persiapan dan antisipasi serta penanganan bencana di Kabupaten Sanggau. Ada beberapa langkah-langkah anstisipasi yang telah dilakukan oleh BPBD Sanggau diantaranya sosialisasi kepada msyarakat di desa-desa, pemberdayaan kelompok msyarakat serta melakukan monitoring cuaca untuk memantau kemungkinan bencana yang akan terjadi.

Pihaknya juga sudah siap melakukan penanganan terhadap korban bencana, diantaranya melalui tim reaksi cepat atau TRC yang sudah dibentuk dan selalu siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

 “Tim reaksi cepat sudah dibentuk. Mereka nanti akan menjadi yang paling depan apabila terjadi bencana alam. TRC ini juga sebagai komitmen agar korban bencana dapat tertangani secara baik dan berjalan lancar,” harapnya. 

Sementara itu, Buyung Bakrie selaku Ketua TRC menyampaikan bahwa timnya telah sigap apabila ada laopran baik yang berasal dari masyarakat, swasta dan pemerintah. “Semua sudah dipersiapkan untuk mendukung program kerja yang telah sama-sama dibahas,” katanya. (sgg)

Berita Terkait