Bangga Dipercaya Pembawa Baki Bendera

Bangga Dipercaya Pembawa Baki Bendera

  Jumat, 2 September 2016 09:40
PENGIBARAN BENDERA: Tampak Putri Apriani (tengah.Red) pembawa Baki bendera merah putih pada upacara pengibaran bendera HUT RI ke 71 di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara. DANANG PRASETYO / PONTIANAK POST

Berita Terkait

Putri Apriani, Paskibra HUT RI ke 71 

 

Pasukan pengibar bendera yang terlibat pada HUT RI ke 71 (17 Agustus lalu.red)  di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara tentunya menjadi kebanggan tersendiri dapat terlibat didalamnya. Seperti yang dirasakan oleh Putri Apriani Siswi SMK Negeri 1 Kecamatan Pulau Maya, yang berperan pembawa Baki bendera merah putih dihadapan peserta upacara .

DANANAG-KARIMATA

UPACARA bendera HUT RI yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya tentunya telah teragendakan, seperti yang dilaksankan pada 17 Agustus lalu. Pemerintah Kabupaten Kayong Utara selain melaksanakan di Sukadana, yang menjadi pusat pemerintahan,  turut melaksanakan di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata, yang mana merupakan bagian dari agenda kegiatan Sail Selat Karimata. Untuk pengibaran bendera tersebut selain dilakukan di daratan ada juga dilaksankan di dasar laut Kepulauan Karimata.

Sementara itu, pelaksanaan pengibaran bendera di daratan, Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibara) tentunya menjadi peran penting pada upacara bendera berlangsung. Saat itu, pembawa baki bendera merah putih merupakan seorang Siswi di SMK N 1 Kecamatan Pulau Maya.

Kepercayaan tersebut, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya. Putri Apriani namanya. Yang memang sudah lama terlibat dalam Paskibra dan aktif pada kegiatan sekolahnya. “Jelas bangga saya. Dapat terlibat pada pengibaran bendera dengan membawa baki bendera merah putih. Apa lagi yang menjadi inspektur upacara dari Deputi, Bidang Sumber Daya Manusia, Iptek dan Budaya Maritim Kemenkomaritim Dr Ir Safri Burhanuddin,”ucapnya.

 

 Diakui Putri, memang untuk menjadi pasukan paskibra bukanlah hal yang mudah. Selain harus rutin berlatih harus dapat disiplin. Tujuannya agar pada saat tampil pada upacara bendera memang benar-benar sudah matang untuk menjalani tugas. “Walau harus berlatih secara rutin, kita juga di sini untuk pelajaran di ruangan kelas tidak merasa terganggu. Bahkan hal ini akan menjadi motivasi bagi saya, dan tentunya kawan-kawan lain, untuk dapat lebih baik lagi dalam belajar di sekolah,”kata siswi kelas tiga SMK N 1 Pulau Maya kepada wartawan.

Sebelumnya pujian terhadap pasukan Paskibra dari inspektur upacara dari Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Iptek, dan Budaya Maritim Kemenkomaritim Dr Ir Safri Burhanuddin. Safri beranggapan, untuk pasukan paskibra yang terlibat pada pengibaran bendera di Desa Padang ini sungguh luar biasa. Tidak kalah dengan yang ada di Istana Negara.  “Saya melihat kalau untuk Paskibranya pada pengibaran bendera sangat profesional. Dari gerakannya tidak kalah dengan Paskibra yang ada di Istana Negara,”kata Safri belum lama ini.

Kepala Sekolah SMK N 1 Pulau Maya, Israel SM Tanggel melihat prestasi terhadap peserta didiknya tentunya menjadi hal yang membanggakan bagi sekolah yang dipimpinnya. Walaupun diakui dia, untuk dapat menjadi pasukan Paskibra pada HUT RI 17 Agustus lalu harus dapat berlatih semaksimal mungkin. Untuk dapat tampil dengan baik. “Alhamdulilah, walau mereka sibuk berlatih. Namun mereka tidak lupa akan kewajibannya di ruang kelas, untuk belajar dan terus mengukir prestasi. Dan ini menjadi bukti prestasi mereka, dapat tampil dengan baik pada upacara pengibaran bendera,”ucapnya.

Sedangkan untuk Istruktur Paskibra Bripka Arianto mengatakan, bagi pasukan Pakibara yang terlibat pada pengibaran bendera di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata harus melalui beberapa tahapan seleksi. Dan bukan hanya asal terima saja. 

“Untuk dapat menghasilkan yang terbaik, tentunya kita harus melakukan seleksi yang semaksimal mungkin. Dan untuk latihannya juga kita lakukan rutin. Dalam berlatih kita salah satunya harus benar dapat disiplin, dan menjaga tingkah laku mereka. Karena untuk Paskibra menjadi peran terpenting pada upacara pengibaran bendera,”tutur Arianto, yang juga sebagai Kanit Binmas Polsek Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara. **

 
 

Berita Terkait