Bakti Sosial Sambut Waisak di Yayasan Budi Mulia

Bakti Sosial Sambut Waisak di Yayasan Budi Mulia

  Senin, 14 May 2018 10:00
BAKTI SOSIAL: Panitia Waisak Bersama menggelar Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Yayasan Budi Mulia Sungai Kakap, Kubu Raya, Minggu (13/5). Kegiatan dengan tema “Harmoni dalam Kebhinnekaan untuk Bangsa” ini dilaksanakan menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak 2562 BE/2018. IST

Berita Terkait

250 Pasien Ikuti Pengobatan Gratis 

SUNGAI KAKAP - Pada Minggu, 13 Mei 2018, terlaksana kembali kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Yayasan Budi Mulia Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan dengan tema “Harmoni dalam Kebhinnekaan untuk Bangsa” ini dilaksanakan dalam rangka Perayaan Hari Tri Suci Waisak 2562 BE/2018. 

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan laporan Ketua Panitia Waisak Bersama, Elni Kohar yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan perwakilan Ketua Yayasan Budi Mulia Sungai Kakap, Naryoto selaku, Pembimbing Masyarakat Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat beserta perwakilan Kepala Desa Sungai Kakap.

Kegiatan ini didukung tenaga medis sebanyak 30 orang dan diikuti 250 pasien. Salah satu partisipan yang hadir adalah Santi (30), penduduk Desa Sungai Kakap. Ia berpartisipasi dalam pengobatan gratis untuk anaknya bernama Ardi, (1,5) yang sakit gatal-gatal. 

“Saya ini kan termasuk yang kurang berada. Suami saya kerja di Malaysia jarang pulang. Anak saya ada tiga. Kegiatan ini sangat bermanfaat, bisa membantu orang yang ekonominya sulit, termasuk saya sendiri,” ujarnya. 

Ada pula Sabna (53). Petani ini mengidap sakit pinggang selama setahun dan sejak seminggu lalu sakit sariawan. Akibatnya, dalam dua hari ini ia hanya bisa makan bubur. Sabna bersyukur ada pengobatan gratis di hari ketika ia tidak bekerja. “Kegiatan ini sungguh bermanfaat, membantu banyak orang,” ujarnya.

Dr. Asna Saragi S. yang bekerja di RSJ Sungai Bangkong pun turut menjadi salah satu dokter yang memeriksa penyakit umum dalam kegiatan ini. “Kegiatan ini bagus. Masyarakat di sini kan mungkin sehari-harinya kerja sehingga tidak sempat melakukan pemeriksaan. Jadi kita bisa bantu juga meringankan beban mereka,” katanya. 

Demikian pula disampaikan Robi Antonius, perwakilan Ketua Yayasan Budi Mulia. “Kegiatan ini sangat bagus, membantu masyarakat Desa Sungai Kakap di bidang kesehatan. Banyak yang kurang mampu menjadi sangat terbantu dengan fasilitas pengobatan gratis ini,” ujarnya. Karena itu, Robi menyatakan sangat berterima kasih kepada para panitia Waisak bersama yang sudah menyelenggarakan ini.

Sebelumnya, Panitia Waisak Bersama mengadakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan pada Minggu, 6 Mei 2018 dan Minggu depan, 20 Mei akan diadakan Lomba Buddhist Idol, Lomba Dhammadesana, dan Lomba Menggambar & Mewarnai serta, Dharmasanti Waisak pada Sabtu, 9 Juni 2018.  

Kali ini, panitia mengadakan Bakti Sosial Pengobatan Gratis ini untuk ketiga kalinya sebagai salah satu kegiatan menyambut Hari Tri Suci Waisak Bersama. 

Elni Kohar selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa bakti sosial ini selalu dilakukan di lokasi yang berbeda-beda setiap tahunnya, dan tahun ini diadakan di Desa Sungai Kakap. Desa ini cukup luas dan ramai penduduk sehingga lebih banyak yang bisa berpartisipasi. 

“Walaupun cukup banyak kendala, suka, dan duka selama proses memimpin para panitia Waisak Bersama, saya senang karena bisa mengenal lebih banyak orang dan mempererat persaudaraan antar panitia. Terutama, jika kegiatan yang kami selenggarakan ini bisa bermanfaat seluas luasnya bagi banyak orang,” katanya. (*)

 

Berita Terkait