Baik Diminum Rutin, Ini 5 Khasiat Air Parutan Jahe Bagi Tubuh

Baik Diminum Rutin, Ini 5 Khasiat Air Parutan Jahe Bagi Tubuh

  Sabtu, 19 January 2019 07:59
Cukup dengan secangkir teh jahe yang memiliki kandungan anti-inflamasinya bisa membuat tubuh lebih sehat. (Boldsky.com)

Konsep kembali ke alam dalam dunia kesehatan saat ini semakin banyak diikuti kaum urban. Masyarakat berusaha untuk tetap menjaga kesehatan dengan bahan-bahan herbal yang mudah dibuat dan didapat. Salah satunya dengan memanfaatkan bumbu dapur jahe.

Cukup dengan secangkir teh jahe yang memiliki kandungan anti-inflamasinya bisa membuat tubuh lebih sehat. Untuk membuatnya, cukup tambahkan parutan atau irisan jahe mentah ke air mendidih. Lalu biarkan mendidih selama 10 menit sebelum disaring.

Dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (18/1), Direktur Nutrisi di Good Housekeeping Institute, Jaclyn London menjelaskan air rasa jahe bisa memberikan manfaat jika diseruput secara teratur. Namun catatannya, jangan tambahkan gula atau pemanis. Sehingga khasiatnya akan lebih bermanfaat.

Mengatasi Mual

Jahe dapat membantu mengatasi mual. Jika merasa mual, air jahe bisa menjadi alternatif. Mayo Clinic menyebutkan manfaat jahe sebagai cara yang bermanfaat untuk memerangi mual dan mual yang disebabkan kemoterapi. Tentu cara itu aman namun boleh saja dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Redakan Nyeri Haid

Jahe dapat meredakan nyeri haid. Pengobatan rumahan ini membantu meringankan sakitnya datang bulan. Jahe membantu mengurangi nyeri kram menstruasi seperti disebutkan dalam uji klinis tahun 2015 yang diterbitkan di Archives of Gynecology and Obstetrics. Penelitian tambahan menunjukkan bahwa jahe efektif menghilangkan rasa sakit ketika dikonsumsi selama tiga atau empat hari pertama haid.

Kontrol Gula Darah

Mengonsumsi rebusan 3 gram jahe bubuk per hari akan membantu gula darah seseorang lebih stabil.

Tingkatkan Berat Badan

Air jahe dapat meningkatkan berat badan. Sehingga membuat seseorang lebih nafsu makan. Air jahe lebih beraroma daripada air putih.

Kurangi Risiko Penyakit Kronis

Jahe bersama dengan sayuran lain, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, mengandung jumlah fitonutrien yang tinggi. Senyawa antioksidan ini dapat membantu menangkal peradangan kronis. Jahe menghambat penyakit seperti radang sendi dan kanker. (Marieska Harya Virdhani/Jawa Pos)