Bagikan 90 Motor Dinas

Bagikan 90 Motor Dinas

  Kamis, 22 September 2016 10:08
PASANG HELM: Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.Ik memasangkan helm dan menyeratkan unit kendaraan dinas kepada petugas Bhabinkamtibmas

Berita Terkait

MEMPAWAH-Meningkatkan kinerja petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di wilayah hukumnya, Polres Mempawah memberikan 90 unit sepeda motor. Secara simbolis, kendaraan dinas tersebut diserahkan oleh Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.Ik di Halaman Mapolres, Rabu (21/9) pagi.

 
“Dengan dukungan kendaraan dinas ini, saya berharap kinerja petugas Bhabinkamtibmas dapat lebih ditingkatkan lagi. Petugas harus mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya sebagaimana telah diatur dalam Perkap Nomor 3 tahun 2015 tentang Polisi Masyarakat (Polmas),” tegas Kapolres kepada wartawan.

Kapolres menerangkan, Pasal 26 Perkab Nomor 3 tahun 2015 telah mengatur fungsi dan kewenangan Bhabinkamtibmas. Setidaknya ada delapan tugas yang diemban petugas Bhabinkamtibmas di wilayah desa binaannya masing-masing.

“Delapan tugas tersebut, melaksanakan kunjungan kepada masyarakat. Tujuannya mendengarkan keluhan masyarakat tentang gangguan kamtibmas serta memberikan penjelasan serta penyelesaian masalah yang muncul,” ujarnya.

Kemudian, imbuh Kapolres, memelihara silahturahmi dan persaudaraan di wilayah binaannya. Selanjutnya, melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat khususnya dibidang hukum. Hingga menumbuhkan kesadaran hukum dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM).

“Petugas Bhabinkamtibmas juga berkewajiban menyebarluaskan informasi tentang kebijakan Pimpinan Polri terkait pemeliharaan kamtibmas, mendorong pelaksanaan Siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat lainnya,” papar Kapolres.

Bukan itu saja, sambung Kapolres, petugas juga dituntut mampu memberikan pelayan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan. Tugas lainnya, menggerakan kegiatan masyarakat yang bersifat positif, sehingga bisa menjadi figur di lingkungan desa binaan.

“Berikutnya, mengkoordinasikan upaya kamtibmas dengan perangkat desa, baik itu mulai dari Kepala Desa, BPD, Babinsa dan elemen masyarakat lainnya. Terakhir, melakukan konsultasi, negosiasi, mediasi dan memfasilitasi serta memotivasi dalam hal terciptanya kamtibmas dan memecahkan persoalan sosial di masyarakat,” sebutnya.

Lebih jauh, Kapolres mencontohkan, salah satu permasalahan yang memerlukan peran aktif petugas Bhabinkamtibmas yakni penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Bekerjasama dengan Babinsa maupun perangkat desa, petugas pro aktif melaksanakan patroli lapangan, menyampaikan sosialisasi, penyuluhan, penanganan hingga penanggulangan karhutla.

“Makanya, petugas Bhabinkamtibmas itu harus bisa menguasai wilayah binaannya. Istilahnya jarum jatuh pun mereka harus tahu. Tidak boleh ada informasi yang terlewatkan. Karena, sekecil apapun informasi itu sangat penting untuk ditindaklanjuti. Baik itu berkenaan dengan gangguan kamtibmas, potensi bencana dan permasalahan lainnya,” tegasnya.

Melihat pentingnya keberadaan petugas Bhabinkamtibmas, Kapolres berharap peningkatan tipe Polda Kalbar dan jajaran Polres, adanya penambahan jumlah personil. Sebab, saat ini belum seluruh wilayah hukum di Polres Mempawah ditempatkan petugas Bhabinkamtibmas.

“Ada 125 desa di wilayah hukum Polres Mempawah. Sedangkan petugas yang kita miliki hanya 105 orang. Jadi, ada satu petugas yang harus membina lebih dari satu desa. Sedangkan untuk pemberian kendaraan dinas tadi berjumlah 90 unit. Jadi masih diperlukan penambahan baik dari sisi personil maupun kendaraan penunjang,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait