Badan POM Hadir dan Terjun Langsung Melayani Masyarakat Perbatasan Kalbar

Badan POM Hadir dan Terjun Langsung Melayani Masyarakat Perbatasan Kalbar

  Minggu, 20 May 2018 14:01
Kepala BBPOM di Pontianak, Dra. Susan Gracia Arpan, Apt., M. Si berkoordinasi dengan Pj. Bupati Bengkayang Obaja. S.E.,M.Si dan Kepala Dinas Kesehatan Bengkayang Drs. Stephanus Salikin, M.Si terkait Pengawasan Obat dan Makanan di Kab. Bengkayang.

Berita Terkait

"Adil Ka'talino, Bacuramin Ka' Saruga , Basengat Ka' Jubata",  Salam pembuka dalam budaya masyarakat suku dayak yang merupakan mayoritas penduduk Kabupaten Bengkayang ini memiliki filosofi yang luhur, adalah bahwa dalam hidup ini  kita harus bersikap adil, jujur tidak diskriminatif, terhadap sesama manusia, dengan mengedepankan perbuatan-perbuatan baik seperti di surga berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

ATAS dasar filosofi prinsip keadilan inilah, pemerintah dalam hal ini Badan POM hadir memperhatikan kondisi masyarakat dan menyampaikan informasi-informasi tentang keamanan produk obat, makanan, kosmetik dan obat tradisional di Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Kecamatan Seluas yang merupakan daerah perbatasan antara negara kesatuan Republik Indonesia dengan Malaysia. 

Pengawasan dan pengamanan perbatasan adalah adalah wujud bela negara dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Pontianak  berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, yang dalam kesempatan ini diwakili  Pj. Bupati Bengkayang Obaja S.E., M. Si untuk membahas kerjasama lintas sektor dan menguatkan kembali komitmen bersama untuk menjaga kemanan obat dan makanan di Kabupaten bengkayang

SOSIALISASI: Penyebaran informasi dan edukasi masyarakat Kecamatan Seluas tentang produk omkaba yang aman dan legal, bersama Camat Seluas Syafaruddin, Kepala Puskesmas Haryono dan Kasie Yankes Dinkes Bengkayang Slamet Adi Susanto,S.St .

Sekda Pemerintah Kabupaten Begkayang, sekaligus sebagai Pj. Bupati Bengkayang Obaja SE. M.Si  beserta Kepala Dinas Kesehatan Bengkayang Drs.Stephanus Salikin, M. Si menerima kunjungan Kepala Balai Besar POM Pontianak, Dra. Susan Gracia Arpan Apt, M.Si dan Tim di Kantor Bupati Bengkayang pada hari Rabu, 16 Mei 2018. Kunjungan ini  bertujuan untuk meningkatkan koordinasi terkait pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten bengkayang. 

Untuk menentukan kebijakan yang tepat, diperlukan data dan informasi yang akurat, untuk itu petugas  BBPOM Pontianak, dibagi menjadi dua tim. Satu tim  dipimpin langsung oleh Kepala Balai terjun langsung ke border Jagoi Babang, dan melintas ke Serikin, Malaysia bersama Kepala Puskesmas dan Kasi Farmasi Dinkes setelah melapor dan mendapat izin dari Imigrasi dan bea cukai setempat untuk memantau lokasi transaksi antara warga Indonesia dengan Malaysia

Sedangkan tim  lainnya melakukan kegiatan Penyebaran Informasi (PI) di Aula Puskesmas Kecamatan Seluas.  Kegiatan ini melibatkan 30 warga yang terdiri dari, tenaga medis, pelaku usaha dan tokoh masyarakat. 

Petugas BBPOM Pontianak dipimpin Kepala Balai terjun langsung ke perbatasan untuk memantau border Jagoi Babang dan lokasi transaksi antar negara Indonesia dan Malaysia di Serikin, Malaysia.

BBPOM Pontianak membekali masyarakat dengan informasi seputar keamanan obat, kosmetik, makanan dan obat tradisional sekaligus sebagai media sharing dan dengar pendapat dari masyarakat. 

Dari kuesioner yang dibagikan dapat diketahui bahwa masyarakat antusias dan mendapat manfaat langsung dengan adanya kegiatan seperti ini, juga berharap Badan POM makin sering berinteraksi langsung dengan warga Bengkayang. 

Sungguh bahagia bila Badan POM dan masyarakat memiliki satu pemahaman dan komitmen bersama untuk saling menjaga kesehatan dengan waspada dalam mengkonsumsi Obat, Makanan Kosmetik dan Obat Tradisional yang aman dan bermutu.**

Berita Terkait