Ayolah, Ini Kesempatan Juara!

Ayolah, Ini Kesempatan Juara!

  Rabu, 13 March 2019 10:48
Jonatan Christie

Berita Terkait

BASEL – All England 2019 tidak berakhir menyenangkan buat sektor tunggal putra. Anthony Sinisuka Ginting kandas di babak pertama. Sedangkan Jonatan Christie tumbang di putaran kedua. Keduanya, bersama pemain non-pelatnas Tommy Sugiarto sudah tiba di St Jakobshalle, Basel, Swiss. Mereka terjun di Swiss Open yang dimulai dini hari tadi. 

''Kami ke sana untuk kejar poin dan prestasi. Sambil menguji coba hasil latihan sampai di mana,'' kata pelatih tunggal putra pelatnas Hendri Saputra kepada Jawa Pos.

Ini memang kesempatan paling bagus bagi Ginting maupun Jojo—sapaan Jonatan—untuk meraih gelar. Level turnamen ini hanya super 300. Banyak pemain top absen. Ginting dan Jojo masing-masing diunggulkan di tempat keempat dan kelima. Di atas mereka hanya ada duet Tiongkok Shi Yuqi dan Chen Long. Unggulan ketiga Viktor Axelsen asal Denmark mengundurkan diri. 

Menjelang dan selama All England lalu, kritikan bertubi-tubi menghujani kedua bintang muda Indonesia itu. Legenda seperti Rudy Hartono dan Taufik Hidayat menyuarakan perhatian mereka. Rata-rata menyelesalkan karena mereka belum bisa konsisten. Setelah Jojo meraih emas Asian Game dan Ginting menjuarai China Open dengan sangat hebat, keduanya belum berprestasi lagi. 

Tidak adanya gelar juara, diakui Hendri, punya imbas terhadap atlet binaannya. Efek yang paling dirasakan adalah rugi drawing di tiap turnamen. Terhenti di babak-babak awal turnamen berarti gagal meraup banyak poin. Hasilnya, peringkat mereka bakal stuck, atau bahkan turun. Itu berarti, mereka tidak bisa menjadi unggulan di turnamen. 

''Ketemunya ya pool satu sampai enam belas. Alias langsung ketemu unggulan yang berat-berat. Jadi rugi. Kalau bisa sebanyak mungkin ambil prestasi juara,'' jelas Hendri. 

Di babak pertama Swiss Open hari ini, Ginting berhadapan dengan pebulu tangkis Prancis Thomas Rouxel. Keduanya belum pernah bertemu. Namun, Ginting harusnya mampu mengatasi pemain peringkat 58 itu. Sedangkan Jojo bertemu Lee Zii Jia (Malaysia). Secara head to head, Jojo unggul 2-0 Jojo. (feb/na)

Berita Terkait